Yuk, Konsumsi Buah Kurma Setiap Hari dan Nikmati Khasiat Ajaibnya, Jangan Cuma Dimakan Pas Bulan Puasa Aja



buah kurmaSiapa sih yang ga kenal buah kurma? Buah asal Iraq yang sudah ada sejak 385 juta tahun lalu ini identik banget dengan bulan Ramadhan.  Karena punya rasa manis dan kelembutan yang khas, kurma sering menjadi hidangan favorit penduduk muslim di dunia untuk berbuka puasa.

Tapi, sebenarnya sayang banget kalau kebanyakan orang hanya mengonsumsi kurma di bulan puasa. Padahal, berbagai penelitian justru menyarankan agar kita mengonsumsi buah berbentuk unik ini setiap hari. Karena buah kurma terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan bagi siapapun yang memakannya.

Apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi buah kurma secara rutin? Inilah manfaat kurma berdasarkan beragam penelitian yang dirangkum dalam naturalsociety.com

1. Melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit

manfaat buah kurma

image via: pixabay.com

Buat kamu yang susah buang air besar dan kurang suka dengan sayuran, kandungan serat pada buah kurma bisa menjadi solusi melancarkan pencernaan.

Bahkan, peran serat pada buah kurma juga melindungi selaput lendir usus dari bahan kimia yang tidak sengaja kita konsumsi agar tidak menjadi kanker usus.

Selain itu, buat kamu yang menderita wasir atau ingin terhindar dari radang usus hingga kanker usus besar juga disarankan untuk rutin mengonsumsi buah ini lho.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bukan cuma pencernaan, ternyata kurma juga menyehatkan dan meningkatkan fungsi jantung.

Juru bicara Asosiasi Jantung Amerika (American Heart Association), Alice H. Lichtenstein, DSc, menjelaskan bahwa kandungan serat pada buah kurma mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat serat tersebut juga berlaku dengan jenis buah dan sayuran lainnya.

3. Anti inflamasi (Peradangan)

Selain serat, kurma juga mengandung antioksidan polifenol flavonoid yang dikenal juga sebagai tanin. Kandungan tanin ini terbukti ampuh sebagai anti infeksi, anti inflamasi, dan anti hemoragik (mencegah kecenderungan mudah berdarah).

Kandungan magnesiumnya yang ada di kurma juga berperan memerangi risiko penyakit kardiovaskular, arthritis, alzheimer, serta penyakit peradangan lainnya.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

manfaat buah kurma

image via: pixabay.com

Nah, buat yang suka marah-marah karena tekanan darah tinggi, buah kurma cocok menjadi ‘senjata’ penenang kamu. Hal itu karena kandungan mineral magnesiumnya terbukti menurunkan tekanan darah serta membantu kerja hati.

5. Mengurangi risiko stroke

manfaat buah kurma

image via: stjohn.ab.ca

Ternyata buah kurma juga kaya dengan kandungan kalium. Tiap 100 gram kurma mengandung 696 miligram kalium atau 16% dari tingkat harian yang disarankan untuk dikonsumsi tubuh.

Kandungan kalium ini berperan mengatur detak jantung dan tekanan darah. So, kamu bisa terlidungi dari stroke dan penyakit jantung koroner yang terkenal sangat berbahaya itu.

Penelitian yang ditulis Usanna C Larsson, Nicola Orsini, dan Alicja Wolk di American Journal of Clinical Nutrition juga menemukan bahwa mengonsumsi 100 miligram magnesium yang ada pada kurma per harinya bisa mengurangi resiko stroke sebanyak 9%.

Hasil tersebut dijamin akurat karena mereka mengevaluasinya selama 14 tahun.

6. Melancarkan persalinan

manfaat buah kurma

image via: pixabay.com

Buat wanita hamil yang ingin persalinannya lancar, normal, dan bebas dari kelahiran buatan (induksi atau augmentasi persalinan), disarankan mengonsumsi buah kurma selama empat minggu terakhir sebelum persalinan.

Fakta sekaligus temuan di atas berhasil didapatkan dari penelitian Jordan University of Science and Technology yang mempelajari 69 wanita selama 13 bulan.

7. Menyehatkan penglihatan dan tulang

manfaat buah kurma

image via: tasteforlife.com

Bukan cuma wortel, kurma juga kaya akan kandungan vitamin A dengan sifat antioksidan yang penting bagi penglihatan.

Hebatnya, vitamin A juga bukan hanya untuk menyehatkan mata, tetapi juga membantu melidungi penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut.

Kurma juga mengandung beragam mineral seperti kalsium yang mampu menguatkan tulang dan gigi, membantu kontraksi otot, pemebekuan, konduksi impuls saraf.

Selain itu, vitamin K pada buah kurma juga berperan penting dalam memetabolisme tulang.

 

Nah, setelah menyimak penjelasannya, semoga kamu bisa segera memanfaatkan khasiat buah kurma untuk mendukung segala rutinitas harianmu yang padat. Yuk biasakan konsumsi kurma secara rutin:)

 

 


June 7, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin