Yuk, Kenalan dengan Beragam Jenis Jaket



beragam jenis jaket

Sejak dulu, jaket dikenal sebagai aksesori berbagai aktifitas dan profesi. Namun, seiring perkembangan zaman dan kebutuhan fesyen kaum urban, beragam jenis jaket jadi lebih bermultifungsi.

Begitu juga di Indonesia, jaket bukan lagi hanya dijadikan pelindung diri dari cuaca dan iklim kurang bersahabat, tetapi juga menjadi penunjang penampilan seseorang.

Sebelum memilih, ada baiknya Anda kenali berbagai jenis jaket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Windbreaker

beragam jenis jaket Windbreaker jaket

Jaket ini awalnya memang digunakan untuk melindungi seseorang dari terpaan angin dingin dan hujan yang ringan. Biasanya, juga dilengkapi dengan semacam hoddie atau tudung.

Kini, windbreaker makin modis dengan beragam motif, corak hingga desain.

Di Indonesia, selain untuk mendukung penampilan, windbreaker juga digunakan saat berkendara sepeda motor untuk melindungi diri dari angin dan cuaca hujan atau panas.

2. Duffle coat

beragam jenis jaket DUFFLE COAT

Duffle coat biasanya disebut juga mantel wol tebuat dari bahan duffle (wol) yang asalnya dari Belgia. Duffle Coat biasanya digunakan oleh orang-orang yang berada di kawasan empat musim, dalam menghadapi musim dingin.

Indonesia mengadaptasikan duffle coat untuk orang yang berada di daerah dataran tinggi yang bersuhu dingin atau musim penghujan.

Ciri khas duffle coat ada pada dua kantung besar serba guna dan tali pengikat di bagian depannya.

3. Pea Coat

beragam jenis jaket PEA COAT

Pea coat konon merupakan busana yang berasal dari angkatan laut benua Eropa dan Amerika Serikat.

Seiring waktu, pea coat yang awalnya identik dengan warna biru navy, kini hadir dalam berbagai variasi bentuk dan dan warna.

Ciri khas yang selalu ada dari pea coat yaitu pada kacing-kancing besar yang saling menyematkan di kedua sisi pea coat. Selain melindungi tubuh dari perubahan cuaca, fungsi pea coat kini lebih dipengaruhi perkembangan fashion.

Tidak heran, pea coat sempat dipakai oleh James Bond yang diperankan oleh Daneil Craig pada sekuel film Skyfall . Beberapa artis wanita seperti Taylor Swift juga kerap terlihat mengenakannya.

4. Leather Jacket

beragam jenis jaket LEATHER JACKET

Leather jacket merupakan jaket berbahan kulit, biasanya berasal dari hewan asli ataupun sintetis (tiruan).

Seperti jaket kebanyakan, jaket kulit juga unisex, alias bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Tren fesyen jaket kulit sendiri sudah dipopulerkan sejak lama.

Selain itu, jaket kulit juga identik dengan pengendara sepeda motor dan beberapa komunitas musik seperti punk, gothic, dan metal.

Sedangkan wanita yang mengenakan jaket kulit memberikan kesan edgy dan sporty.

5. Sports Coat

 beragam jenis jaket sport coat

Awalnya, sport coat merupakan jaket yang menonjolkan sosok maskulin pria. Atas nama perkembangan fesyen, modifikasi pun terjadi sehingga sports jacket pun tersedia untuk wanita.

Ciri khas dari sport jacket adalah menyerupai bentuk jas. Dengan berbahan sude, corduray, denim hingga tweed, jaket ini disesuaikan untuk Anda yang aktif di luar.

6. Varsity Coat

beragam jenis jaket varsity coat

Jaket yang bernuansa sporty ini dulunya mengadaptasi model seragam olahraga murid-murid yang bersekolah di negara Amerika Serikat. Dari beragam jenis jaket yang ada, varsity coat-lah yang paling digemari para remaja.

Selain untuk melindungi diri dari cuaca dingin, varsity coat juga mudah dipadukan dengan gaya Anda saat kumpul bersama teman-teman.

7. Parka Jacket

beragam jenis jaket parka

Parka merupakan jaket dengan ciri khas ukuran yang panjang dan tebal. Parka juga sangat cocok digunakan untuk melindungi cuaca dingin atau hujan ringan.

Kini, parka semakin fashionable dengan tambahan hoddie atau tutup kepala. Aksesoris tambahan biasanya diperindah oleh beberapa bulu wol atau sintetis yang melingkari hoddie.

8. Bomber Jacket

beragam jenis jaket bomber jacket

Bomber jakcket juga mendapat julukan bombardier jacket atau flight jacket.

Tidak heran, awalnya, produk fesyen ini memang terinspirasi dari pakaian militer pilot negara Amerika Serikat sejak masa Perang Dunia I.

Bomber jacket baru mulai merambah ke dunia fesyen pada tahun 1970-an oleh komunitas skin heads dan pengendara skuter.

Memasuki tahun 2000-an, jaket bomber kembali dipopulerkan dan menjadi ciri khas para musisi hip-hop. Kini, bomber akrab di semua kalangan untuk melengkapi variasi gaya Anda.


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin