Memberdayakan Pemasaran Produk UKM – Ukmmarket bersama PLUT KUMKM Selenggarakan CATCH Program



catch program ukmmarket

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti ini, setiap pelaku UKM punya banyak pilihan untuk memperluas jaringan pemasaran produk mereka. Karena, e-commerce beserta beragam platform layanan periklanan online telah menyediakan solusi akses pasar yang efektif. Namun, para pelaku UKM hendaknya melek teknologi supaya bisa memanfaatkan solusi itu secara maksimal.

“Sampai saat ini masih banyak UMKM yang belum melek pada teknologi. Mereka tak tahu apa itu berjualan online, mereka juga tak tahu apa itu email,” terang Kepala Seksi Pusat Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM DIY, Sudarso  dalam acara Catch Program di Ruang PLUT KUMKM Dinas Koperasi UMKM DIY, Kamis (28/01/2016).

CATCH (Community Approach Total Channel) merupakan program yang diselenggarakan oleh ukmmarket.co.id — pusat jual-beli online yang fokus pada produk usaha kecil dan menengah di Indonesia — bersama PLUT KUMKM. Program ini dilaksanakan untuk membantu seluruh pelaku UKM di Indonesia dalam mengatasi persoalan akses pasar.

Dalam program ini, pelaku usaha dibimbing agar bisnis mereka mampu bersaing di ranah digital. Mulai dari cara mengunakan email dan chat, cara memotret produk supaya tampilannya menarik, cara membuat deskripsi produk yang efektif, hingga materi dasar search engine optimization (SEO) dan pemanfaatan e-commerce.

Ahmad Zaky Amiruddin (CEO/Chief Executive Officer ukmmarket.co.id) mengatakan, sebagai platform e-commerce, Ukmmarket tak hanya memperluas akses pasar produk UMKM dan UKM. Namun juga menstimulasi dan membina embrio kewirausahaan. “Kami berupaya keras agar Ukmmarket menjadi ‘rumah’ yang sempurna bagi pelaku usaha untuk melengkapi wawasan dan kemampuan berbisnis.” lanjut Zaky.

Sepanjang tahun 2016, program CATCH rencananya akan diadakan di 15 kota, masing-masing akan berlangsung di UMKM Centre setiap wilayah. Kini, program tersebut telah berjalan di 4 kota, antara lain Solo, Jogjakarta, Semarang dan Banyumas. “Saat program berlangsung, kita bisa menyaksikan betapa tingginya antusiasme para pelaku UKM, semangat mereka untuk maju dan berkembang patut diapresiasi,” jelas Sudarso.

Mengacu data World Economic Outlook yang disusun oleh Asosiasi Internet Service Provider, pasar e-commerce di Indonesia mencapai Rp 18 triliun (US $ 1,3 miliar) pada tahun 2015, dengan 37 juta konsumen dari total populasi 255 juta. Angka-angka tersebut naik dari Rp 12 triliun dan 27 juta konsumen yang tercatat pada 2014. Adapun untuk tahun 2016, asosiasi tersebut memperkirakan bahwa pasar e-commerce akan mencapai Rp 25 triliun dengan 49 juta konsumen.

Konsumsi produk melalui online semakin digemari masyarakat. Pelaku UMKM maupun UKM sudah sepatutnya memanfaatkan segala penunjang bisnis berbasis online agar produknya semakin dikenal luas.

Ukmmarket melalui beragam fasilitas, layanan serta program CATCH ini siap membantu mewujudkan harapan segenap pelaku usaha kecil dan menengah Indonesia.

catch program ukmmarket

Inilah beberapa contoh produk dari CATCH Program yang siap dipasarkan

Ketentuan Peserta

Berikut beberapa ketentuan bagi pelaku usaha yang ingin mengikuti CATCH Program, antara lain

  • Peserta wajib mengumpulkan fotocopy KTP dan fotocopy Buku Tabungan rekening halaman depan atau menginformasikan nomor rekening bank,
  • Peserta wajib mengisi formulir registrasi dan keterangan produk yang hendak dipasarkan secara lengkap,
  • Peserta wajib membawa produk yang hendak dipasarkan untuk difoto dan mendapatkan materi foto produk dari tim Ukmmarket.

Ikuti terus update informasi mengenai CATCH Program di kota Anda melalui sosial media Ukmmarket

fb          twitter          instagram

 

 


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin