Tubuh Terasa Lelah Ketika Bangun Pagi? Coba 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya!



semangat pagi

Image: somethingpeachy.com

Setiap kali membahas soal tidur, persepsi umum menyatakan bahwa kita harus beristirahat antara 6 hingga 8 jam setiap malam. Dengan begitu kita akan memiliki waktu tidur yang berkualitas, yang bermanfaat bagi kesehatan badan dan pikiran. Namun, apakah memang harus selama 8 jam?

Surrey Sleep Research Centre di Inggris menyatakan bahwa sebenarnya kualitas tidur jauh lebih penting daripada kuantitasnya. Jadi, selama kamu menikmati tidur secara nyenyak dan tenang, rasa lelah dan lesu pun tak menjumpaimu begitu kamu bangun tidur di pagi hari.

Lalu, bagaimana caranya supaya kita bisa tidur dengan tenang dan nyenyak?

Berikut 5 langkah praktis untuk bangun pagi tanpa merasa lelah. Semoga kamu selalu bangun tidur dengan perasaan gembira setelah membacanya J

Hindari minum kopi, wine, bir dan memakan cokelat sebelum tidur.

pencernaan aman, tidurpun nyenyak tanpa hambatan – image: stylishangels.com

Butuh waktu kira-kira 4 jam bagi seseorang untuk sampai dalam periode tidur yang nyenyak dan tenang. Kelelahan yang tetap dirasakan saat bangun tidur, bisa disebabkan oleh adanya gangguan konstan yang muncul selama periode itu.

Salah satu penyebab gangguan konstan tersebut bisa muncul kalau kamu mengonsumsi cokelat, kopi, bir dan wine setelah pukul 6 sore. Karena, beberapa item makanan itu secara ilmiah terbukti mengganggu sistem pencernaan saat kamu sedang tidur.

Agar tidurmu berkualitas, sebaiknya hindari konsumsi 3 makanan ini menjelang waktu tidur.

Langsung tidur setelah buang air kecil.

no gadget before sleep

saatnya tidur, ayo buang air kecil dan letakkan gadgetmu – image: ebuzz.ie

Walau buang air sebelum tidur umum dilakukan, namun banyak dari kita yang menghabiskan waktu untuk membaca, menonton tv atau bermain game sebelum akhirnya mengantuk dan terlelap. Tanpa disadari, ginjal terus bekerja dan kandung kemih pun perlahan terus terisi.

Kandung kemih yang penuh berkontribusi terhadap munculnya rasa gelisah saat tidur. Gara-gara kebelet pipis, seseorang bisa frustrasi dibuatnya, baik disebabkan harus terbangun dari tidur ataupun harus bolak-balik toilet. Hal itulah yang menyumbang kelelahan di pagi hari.

Karena itu, penting bila kamu pergi ke toilet sebelum benar-benar memutuskan untuk tidur.

Fokus pada sesuatu yang bisa bikin kamu bahagia dan lebih optimis di hari esok.

optimis guys

Walaupun keadaan sedang sulit, tetaplah optimis, pasti ada solusi

Perasaan stres dan kecemasan selalu muncul lebih buruk di pagi hari, terlebih bila kamu memang sedang banyak pikiran di malam harinya.

Masalah yang sedang kamu pikirkan ternyata akan meningkatkan hormon penyebab stres selama kamu tertidur. Untuk itu, kamu harus mencari cara untuk merilekskan pikiranmu sebelum tidur.

Fokus pada suatu hal positif akan membantumu menemukan sukacita, ketenangan maupun kegembiraan yang kamu butuhkan.

Gunakan alarm secara bijak.

kebiasaan snoozing alarm

Kebiasaan snoozing alarm malah bikin pagimu makin suntuk – image: gizmodo.com

Banyak orang mengatur alarm-nya menyala lebih pagi supaya punya banyak waktu untuk terus menekan tombol snooze dan bisa tidur lebih lama lagi. Padahal, kebiasaan seperti itu justru malah akan melelahkan badan dan pikiran. Tidur dengan gangguan konstan dari alarm tak akan menghasilkan kualitas tidur yang baik.

Segelas air putih siap mengusir rasa lelahmu.

minum air putih setelah bangun tidur

air putih menyegarkan pikiran selepas tidur lelap – image: treehugger.com

Mengawali hari dengan meneguk air putih sangat baik untuk metabolisme tubuh dan membantu kamu untuk cepat merasa waspada.

Air putih merupakan cairan yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Itulah sebabnya minum air putih saat perut kosong mampu memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ayo bikin kualitas tidurmu jadi lebih baik, supaya kondisi tubuh dan pikiran selalu fit dalam menjalani rutinitas harianmu yang padat dan produktif 🙂

 

 


June 10, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin