SUNplace, Bisa Memasak Tanpa Menghasilkan Emisi Karbon



SUNPlace-Lanzavecchia-Wai-3

Emisi karbon yang terus meningkat akan menyababkan kerugian akibat kerusakan properti dan ekosistem, serta besarnya biaya membangun sistem pertahanan iklim. Risiko ini meningkat setiap satu derajat kenaikan temperatur udara akibat pemanasan global.

Cara terbaik untuk meminimalisir kerugian itu adalah dengan memberikan sumbangsih berupa tindakan atau inovasi beragam hal demi mengurangi kadar emisi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh duo Italia – Singapura, Francesca Lanzavecchia dan Hunn Wai, dua orang desainer yang menciptakan SUNplace.

SUNplace adalah piranti memasak yang terbuat dari kayu ek dan baja. Alat ini juga dilengkapi dengan lensa Fresnel yang berfungsi untuk memfokuskan sinar matahari hingga mengasilkan panas pada plat baja.

Selanjutnya, hamparan plat yang terpapar tenaga surya itulah yang bisa dimanfaatkan untuk memanggang dan memasak.

Aldo Colonetti, kurator dari Milan Expo berpendapat bahwa rancangan dua desainer ini tak hanya nol emisi, tapi juga menghidupkan kembali ritual penjamuan dan inspirasi memasak serta bersumbangsih terhadap produksi pangan yang berkelanjutan.

“Piranti memasak ini memang masih prototipe, tapi siapa yang tahu jika kelak ini akan menjadi piranti yang paling dicari-cari,” jelas Colonetti.

SUNPlace-Lanzavecchia-Wai-4

SUNPlace-Lanzavecchia-Wai-7

SUNPlace-Lanzavecchia-Wai-2

sumber & main image: Feeldesain.com


August 27, 2015 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin