Sering Ngantuk Saat Berpuasa Di Siang Hari? 5 Hal Ini Akan Membuatmu Segar dan Produktif Kembali!



cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: sunsigns.org

Rasa ngantuk kerap ‘menyerang’ banyak orang di siang hari, apalagi di momen berpuasa seperti ini. Hal tersebut sebenarnya wajar karena energi di dalam tubuh perlahan berkurang seiring waktu.

Selain karena faktor kelelahan dan kurang istirahat, mengantuk juga bisa disebabkan oleh kekurangan suplai oksigen yang tidak lancar pada otak.

Supaya produktifitas kamu dalam bekerja tetap berjalan lancar dan bebas dari rasa kantuk, beberapa tips dari laman Life Hackery bisa jadi rekomendasi.

1. Berjalan-jalan santai

cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: gsb.stanford.edu

Kurang bergerak juga menjadi salah satu penyebab rasa kantuk semakin menguasai dirimu, lho. Jangan sampai kebiasaan ini menghalangi aktifitas kamu.

Coba deh, berjalan-jalan santai di sekitar ruangan kerja kamu untuk melihat rekan, atau keluar memandangi pepohonan, taman dan tempat lainnya selama beberapa menit.

Dampaknya cukup efektif karena sirkulasi oksigen pada otak akan kembali lancar. Hal ini membantumu untuk merasa lebih segar.

 

2. Bermeditasi

cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: unsplash.com

Rasa kantuk juga bisa disebabkan karena kelelahan sehingga butuh relaksasi. Jangan paksakan diri, cukup luangkan waktu selama lima menit untuk bermeditasi.

Meditasi dapat dilakukan di tempat yang sekiranya nyaman sehingga kamu bisa menenangkan diri sambil melakukan latihan pernapasan, seperti menarik napas dalam-dalam beberapa kali. Kamu juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik agar proses relaksasi tubuh semakin lancar

Meditasi dipercaya mampu melancarkan suplai oksigen dari otak ke seluruh tubuh. dengan begitu tubuh kamu bisa bugar lagi deh.

 

3. Tidur siang

cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: pixabay.com

Bagaimanapun juga, tubuh yang kelelahan dan kurang istirahat pada akhirnya membutuhkan tidur. Yup, kamu bisa beristirahat untuk menghilangkan rasa kantuk yang sudah menyerang, namun lakukan sesuai prosedur power nap.

Power nap adalah istilah tidur siang dalam durasi yang singkat yang berkisar enam sampai 10 menit untuk mengembalikan performa memori daya ingat, kemampuan belajar dan kesadaran seseorang.

Penelitian dari University of Düsseldorf di Jerman juga menemukan bahwa power nap selama enam menit dapat memulihkan kemampuan memori daya ingat.

 

4. Cuci muka

cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: przproducts.com

Jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi sebagai penawar rasa kantuk, Saat Ramadan, kebiasaan ini tentu harus dihentikan sementara waktu. Nah, cara lain untuk menyiasatinya adalah cukup dengan mencuci muka.

Selain itu, setelah membasuh muka kamu juga bisa memijat wajah, merapikan tatanan rambut atau make up agar tampilan wajah kembali segar.

5. Mencari hiburan

cara menghilangkan ngantuk di bulan ramadan

image via: pixabay.com

Jika performa kamu dalam bekerja terus menurun karena rasa bosan yang menyebabkan mengantuk, mungkin sudah saatnya kamu mencari konten-konten hiburan.

Kamu bisa mencari konten cerita, gambar, hingga video berisi hal-hal lucu untuk kembali menyegarkan pikiran. Atau, ajak rekan kerjamu untuk sekadar untuk berbincang sembari bersenda gurau.

Tetapi perlu diingat, kegiatan mencari hiburan jangan sampai lupa waktu sehingga mengganggu efektifitas dalam menyelesaikan pekerjaan, ya 🙂

 

Selamat melanjutkan aktivitas, kalau ngantuk datang, segara terapkan 5 rekomendasi di atas, ya 😀

 


June 14, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin