Sejarah Mackintosh Jacket



MACKINTOSH

Mackintosh Jacket ini bukan dibuat oleh seorang perancang busana, melainkan seorang ahli kimia asal Skotlandia bernama Charles Macintosh. Tahun 1836 merupakan tahun di mana jaket tahan air modern buatannya ini begitu tenar di Inggris. Setelah di tahun-tahun sebelumnya ia terus berkutat dengan metode yang paling pas dalam menggabungkan kain dan karet cair sebagai bahan dasar pembuatan jaketnya.

Di awal penemuannya, meski sangat fungsional namun jaket buatannya itu tidak terbilang sukses di pasaran. Hal ini lantaran metodenya belum sempurna, campuran kain dan karet mudah sekali ‘haus’ bila cuaca sedang panas, sehingga jaket pun mudah rusak.

Selain itu, walau jumlah permintaan terus berdatangan namun ia tidak memiliki pabrik dan tak mendapat dukungan dari merek fashion, sehingga produksinya tak mampu memenuhi permintaan.

Nasib baik datang di tengah ketekunan Mac untuk menciptakan jaket dambaannya. Tahun 1930-an muncul seorang yang terpesona dengan idenya datang  membantu Mac menemukan metode penggabungan bahan yang tepat. Orang itu adalah kimiawan serta produsen bahan karet dan kimia kenamaan asal Marlborough, Inggris, namanya Thomas Hancock. Bersama mitra barunya itu, akhirnya Mac menemukan cara yang lebih baik untuk mencampurkan karet yang diramu bersama dengan zat pelarut, minyak batu bara, turpentine ke dalam kain. Total formulanya berjumlah 1.823 paten.

Gabungan dua penemu itu melahirkan sebuah perusahaan, dengan kata lain, hambatan keterbatasan produksi yang dulu dialami Mac  takan pernah terjadi lagi.

Bersama Hancock, desain asli jaket Macintosh berada di bawah naungan perusahaan “Mackintosh” (hanya menambahkan huruf ‘k’). Mereka menjadi pemasok jaket resmi untuk tentara dan kepolisian Inggris serta untuk para pria yang tak ingin tiba di tempat kerjanya dengan kondisi ‘basah kuyup’ ketika musim penghujan berlangsung.

Seiring waktu, jaket atau mantel tahan air gaya Mackintosh menjadi generik. Banyak desainer yang terinspirasi oleh idenya Mac. Mereka membuat mantel dari beragam jenis kain, dan bisa dikenakan pada pria dan wanita.

Di era kini, kita bisa dengan mudah menemukan beragam jenis mantel tahan air dari bahan katun atau polyester ringan, salah satunya adalah jenis Trenchcoats.

Walau jenisnya sudah sangat beragam, orang-orang, khususnya para desainer tak akan lupa dari mana datangnya inspirasi itu. Karena penemuan Charles Macintosh, semua jenis mantel tahan air atau jas hujan pun disebut Mackintosh atau Mac oleh orang-orang di Inggris. Gagasan Mac telah sangat melekat secara turun-temurun.

Mackintosh jacket in style:

sejarah mackintosh jaket

mackintosh jaket 1

mackintosh 1


February 26, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin