Sejarah Cargo Pants



CARGO PANTS

Sangat maskulin – kesan ini muncul berkat pengalaman cargo pant ‘menemani’ para tentara Inggris di medan perang pada tahun 1939. Walau kala itu, sebenarnya tentara Inggris juga menggerutui ukurannya yang tidak pas dan kurang praktis untuk diajak bertempur.

Beberapa tahun kemudian, militer AS mengadopsi ide itu dan menciptakan Cargo versi AS yang difungsikan sebagai celana untuk para penerjun payung. Rancangan celana Cargo AS dinilai lebih taktis, Cargo buatannya sangat fungsional dan efektif untuk prajurit yang sedang terjun di udara hingga menyentuh tanah untuk melanjutkan pertempuran.

Para prajurit senang, banyaknya kantong pada celana ini memudahkan mereka untuk mengakses segala persediaan yang sangat dibutuhkan ketika perang, khususnya dalam keadaan darurat. Dari kisahnya bersama militer AS, sejarah Cargo pants kemudian menjadi bagian tak terpisahkan dari seragam militer di banyak negara. Alhasil, kesan maskulinnya semakin kuat.

Meski begitu, dalam dunia pakaian pria perkotaan, celana Cargo dinilai sukar dipadu-padankan dengan pakaian yang modis. Intinya, Cargo sangat tidak keren.

Menariknya, kebangkitannya justru berangkat dari fakta bahwa celana itu dinilai tidak keren oleh kaum pria perkotaan. Dalam hal ini, para desainer terus-menerus berupaya ‘merombak’ penilaian itu, mengubah image celana Cargo yang ciptaan awalnya (menurut mereka) begitu ceroboh menjadi sesuatu yang diinginkan, memiliki estetika  dan menjadi tren.

Hanya soal waktu, kinerja para desainer akhirnya benar-benar menjadi tren. Pada tahun 90-an, celana Cargo dengan berbagai variasi desain bisa dengan mudah ditemui di seluruh negeri, ada yang versi army, beggy, punk, rapper dan sebagainya.

Cargo telah menjelma menjadi celana untuk kebutuhan ‘pertempuran’ sehari-hari masyarakat. Si celana tahan banting ini juga sangat digemari oleh mereka yang suka berpetualang di alam bebas.

Dan saat ini, celana ini tampak lebih modis dari era-era sebelumnya, di mana banyak sekali Cargo yang didesain lebih ramping dan meruncing atau mengikuti tren mode yang berlangsung. Pamor celana Cargo juga semakin meningkat berkat banyaknya selebritas kelas dunia yang mengenakannya dalam berbagai acara.

cargo pants in style:

                                        celana cargo 1             celana cargo

                                          1414489780459_Image_galleryImage_Mandatory_Credit_Photo_by              celana cargo 6

MTI4ODM2NDQzNDg0MjU0MTc4


February 26, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin