Sayembara Menangkap Maling Meriahkan Momen Ramadhan di Palembang



nangkep maling berhadiah uang di palembang

Bulan Ramadhan merupakan ajang bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia untuk berlomba-lomba dalam beribadah. Sayangnya, ketika banyak orang melakukan ibadah berjamaah, ternyata masih ada saja pihak yang memanfaatkan celah untuk mencuri.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat (IB) 1 Palembang, Sumatera Selatan. Daerah tersebut sebelumnya sudah sering diresahkan oleh beberapa aksi pencurian di Bulan Ramadhan.

Belajar dari kasus tersebut, tahun ini akhirnya warga setempat berinsiatif memberikan solusi dengan mengadakan sayembara menangkap maling.

Menurut keterangan dari warga setempat bernama Iryanto (54), Ketua RT 36, Kelurahan Lorok Pakjo Palembang, sayembara menangkap maling dikategorikan dalam dua waktu.

Kategori pertama, jika menangkap maling pada malam hari akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 500 ribu rupiah, sementara menangkap pada siang hari akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 300 ribu rupiah.

Nantinya, hadiah uang tersebut akan didapatkan dari hasil sumbangan kolektif dari warga secara sukarela.

Begitu seriusnya program ini, warga sampai menyiapkan spanduk yang berisi ajakan dengan bertuliskan “Berhadiah Menangkap Maling” terpasang di depan gapura kawasan Kelurahan Lorok Pakjo.

sayembara menangkap maling

direncanakan akan ada 4 spanduk yang dibuat – image: vivanews.co.id

Hal tersebut sebagai bagian dari sosialisasi agar masyarakat bukan hanya berlomba untuk ibadah tetapi juga berbuat kebaikan lainnya, seperti dengan mengikuti sayembara menangkap maling.

Kelurahan Lorok Pakjo dikenal sebagai kawasan yang sangat rawan terjadinya tindak pencurian di beberapa titik sasaran, mulai dari kendaraan bermotor, rumah kosong, bahkan rumah ibadah.

Barang-barang yang hilang di antaranya laptop dan ponsel. Korbannya mahasiswa kos. Sedangkan warga kerap kehilangan unggas peliharaan atau burung.

Dalam kondisi rawan maling ini, petugas kemanan pun hanya berjumlah dua orang. Tidak heran jika beberapa titik kurang terpantau secara maksimal. Nah, diharapkan dengan adanya sayembara ini, tindakan kriminalitas di daerah itu bisa dilenyapkan.

Sources and Image: Vivanews


June 10, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin