PERLUAS AKSES PASAR UKM – Kadin Indonesia Luncurkan UKMMARKET.CO.ID


Berita Pers


2

kiri – kanan: Erwin Aksa, Ahmad Zaky, Rudiantara, Agus Muharam

Jakarta, 11 November 2015—Peluang para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia untuk meningkatkan penjualan produknya semakin terbuka. Pasalnya, platform e-commerce saat ini tengah berkembang sangat pesat dikalangan pelaku usaha.

Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang UKM dan Koperasi, Erwin Aksa, pada peluncuran situs perdagangan online ukmmarket.co.id (Ukmmarket) di Jakarta hari ini. “Dipilihnya e-commerce sebagai solusi pemasaran UKM karena saat ini pola transaksi berjualan dan belanja telah mengalami perubahan, ranah digital semakin digemari masyarakat lokal maupun mancanegara.  Untuk itu, para pelaku usaha perlu terlibat langsung dalam era lingkungan bisnis yang serba cepat,”  ungkap Erwin Aksa.

Sebab itu, Kadin mendukung sepenuhnya peluncuran Ukmmarket ini. Ukmmarket.co.id merupakan salah satu pusat belanja online produk segmentasi UKM di Tanah Air yang didirikan oleh PT. Madani Sisfotel pada tahun 2014. Sehari setelah hari Pahlawan, pada tanggal 11 November 2015 situs ini yang diresmikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Erwin Aksa bersama Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika), Agus Muharram (Sekretaris Menteri Negara Koperasi dan UKM), Badan Ekonomi Kreatif, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), dan Ahmad Zaky Amiruddin (CEO/Chief Executive Officer Ukmmarket.co.id).

Ukmmarket.co.id merupakan salah satu penyedia layanan perdagangan berbasis elektronik (e-commerce) terbaik yang memberikan keamanan dan kemudahan seluruh akses jual-beli online. “Di Ukmmarket.co.id, penjual dapat semakin tajam menargetkan dan berinteraksi dengan pelanggan secara real-time serta menikmati seluruh fasilitas berjualan secara gratis dan tanpa komisi penjualan. Pembelian barang di Ukmmarket cukup melalui beberapa langkah pemesanan singkat dan transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan beberapa metode pembayaran, baik melalui transfer antar rekening, Internet banking maupun layanan mobile money,” ujar Zaky.

Saat ini, beragam koleksi produk fesyen, kerajinan, kuliner, kesehatan dan perabotan dari pelaku UKM di seluruh Indonesia tersaji di ukmmarket.co.id. Dengan kelengkapan fasilitas yang tersedia, ukmmarket percaya industri UKM Indonesia dapat semakin berdaya, bergairah dan meraih apresiasi yang tinggi dari para pembeli lokal dan mancanegara. “Bila ingin menikmati ragam pesona produk karya pelaku UKM Nusantara, kunjungilah ukmmarket.co.id segera,” ujar Zaky.

baca

Perluas Akses Pasar

Erwin mengatakan, selama ini, akses pasar menjadi kendala utama tumbuh-kembangnya UKM di Tanah Air. Sebab itu, kehadiran ukmmarket.co.id diharapkan dapat memperluas akses pemasaran produk UKM dan mendorong perbaikkan iklim bisnis UKM, serta menciptakan UKM yang mapan dan berdaya saing tinggi.

Dikatakannya, selama ini Kadin Indonesia menaruh perhatian dan upaya besar kepada pengembangan UKM. Kadin memiliki peran strategis dan selalu berupaya memfasilitasi UKM, baik melalui pameran produk lokal, pelatihan dan pendampingan kewirausahaan, perluasan jaringan pemasaran serta peningkatan komoditi ekspor produk dan pembentukan lembaga kemitraan pembiayaan.

perluas akses pasar ukm

Di Ukmmarket beragam produk asli buatan Indonesia akan mendapat exposure lebih luas. “Ke depannya, Kadin juga akan memperkuat fungsi Kadin UKM Center di setiap provinsi hingga kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Sehingga pendampingan dan pelatihan terhadap pelaku UKM semakin merata. Bersama Ukmmarket kami siap menjadi ‘rumah’ bagi UKM nasional,” tambah Erwin.

Senada dengan Erwin, Zaky mengatakan, peran UKM dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sangat besar. Sebab itu, pihaknya memilih pangsa pasar UKM ini.“UKM memiliki peran besar dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Maka, sudah sepatutnya bila berbagai layanan ekslusif yang sangat bermanfaat diberikan bagi operasional UKM. Melalui Ukmmarket, kami ingin mengikis beragam rintangan yang dihadapi pelaku UKM serta berjuang dan tumbuh gemilang bersama mereka,” ujar dia.

Data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukan saat ini jumlah UKM di Indonesia mencapai 42 juta pelaku usaha. Bahkan, Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus mengalami peningkatan yang signifikan, dari sebanyak 56.534.592 pada 2012 bertambah menjadi 57.8¬95.721 hingga akhir tahun 2013.

Zaky mengatakan, sebagai platform e-commerce, Ukmmarket tak hanya memperluas akses pasar produk UMKM dan UKM. Namun juga dapat merangsang dan membina embrio kewirausahaan. “Kami berupaya keras agar Ukmmarket menjadi ‘rumah’ yang sempurna bagi pelaku usaha untuk melengkapi wawasan dan kemampuan berbisnis. Kami harap Ukmmarket mampu menjadikan usaha mikro naik kelas menjadi usaha kecil, selanjutnya ke menengah hingga besar secara optimal,” lanjut Zaky.

Zaky menerangkan, saat ini ratusan pelaku UKM dengan beragam variasi produk telah bergabung di ukmmarket.co.id. Sebab itu, Zaky optimis, penjual akan terus bertambah, terlebih lagi Ukmmarket ditopang oleh program roadshow yang diadakan setiap bulan ke komunitas UKM di seluruh Indonesia. “Dengan begitu akan semakin banyak pelaku UKM yang mendapat bantuan serta menikmati layanan Ukmmarket, dan pengunjung situs pun bisa menikmati ragam pesona produk karya UKM Nusantara. Apalagi dukungan terhadap Ukmmarket juga diberikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharam, Badan Ekonomi Kreatif dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA),” tutup Zaky.

‘Image via: metrotvnews.com”

November 11, 2015 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin