Menyimak Seni Manatiang Piriang di Rumah Makan Padang



 

manatiang-piriang-padang-ukmmarket-2

Sumatra Barat identik dengan kuliner rendang dan berbagai masakan khas daerahnya. Kulinernya yang kaya akan rasa rempah begitu tekenal sampai tersebar ke berbagai rumah masakan Padang di berbagai daerah.

Berhubungan dengan kulinernya, ternyata ada sisi lain yang tidak kalah menarik. Untuk beberapa rumah makan Padang,  pasti Anda sering melihat pelayan menyajikan piring-piring berisi hidangannya yang ditumpuk di tangan. Teknik tersebut bernama manatiang piriang.

Dibalik kebolehannya menumpuk piring, ternyata teknik tersebut membutuhkan keahlian yang perlu dimiliki penyajinya.

Beberapa rumah makan Padang, baik yang berada di daerah asalnya maupun di kota-kota besar masih menggunakan teknik ini saat hendak menyajikan hidangannya. Sedangkan rumah makan Padang yang lain telah menggunakan  trolly stainless. 

Manatiang piriang merupakan istilah dari bahasa Sumatra Barat yang artinya membawa piring. Manatiang piriang terdiri dari dua kata, yaitu manatiang yang artinya membawa dan piriang yang artinya piring.

manatiang piriang

Image via: sumbar.antaranews.com

Meskipun teknik manatiang piriang bersanding dengan trolly stainless, nilai budaya dan tradisinya tidak lekang dimakan zaman. Terbukti ini menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung jelang menu lauk dan nasinya sampai di meja.

Dalam setiap makanan yang dihidangkan, lauk yang dikonsumsi dalam setiap piringlah yang akan dihitung dalam pembayaran nantinya. Sedangkan untuk piring yang tidak tersentuh akan dikembalikan lagi.

Manatiang piriang merupakan ‘seni penyajian masakan’ ala Minang yang patut kita apresiasi.


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin