Mengenal 5 Tradisi Tak Lazim di Indonesia



Tradisi telinga panjang Suku Dayak, Kalimantan - Ukmmarket

Image via: Shutterstock

Indonesia yang kaya akan suku dan budaya menyimpan beragam potensi dan keunikan yang luar biasa. Salah satunya dapat dilihat dari keaslian tradisi yang masih terjaga di beberapa masyarakat adat hingga kini.

Sebagian besar masyarakat mungkin beranggapan tradisi mereka tak lazim. Namun, bagi mereka hal itu punya arti sangat penting dan harus dilestarikan. Yuk, sedikit mengenal 5 tradisi unik adat istiadat Indonesia yang dianggap tak lazim ini.

1. Tradisi telinga panjang Suku Dayak, Kalimantan

Tradisi Unik yang Tidak Lazim Di Indonesia

image via: itanurjannah.blogspot.com

Tradisi ini lahir dan terus eksis di daerah Kalimantan. Suku pedalaman Dayak terbiasa memanjangkan bagian cuping telinga sejak bayi.

Tradisi ini mencirikan tingkatan sosial yang diemban masing-masing warga Suku Dayak. Suku Dayak Kayan dengan cuping telinga panjang menunjukkan status bangsawan.

Sedangkan, wanita dari Suku Dayak yang bertelingan cuping panjang menunjukkan status bangsawan atau budak karena kalah perang atau tidak sanggup membayar hutang.

2. Tradisi potong jari Suku Dani

Tradisi Unik yang Tidak Lazim Di Indonesia

image via: kebudayaanindonesia.net

Perwujudan perasaan berduka oleh Suku Dani di Papua dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sangat menyeramkan oleh masyarakat moderen.

Suku Dani akan memotong jarinya saat salah satu dari anggota keluarganya meninggal dunia.

Alasannya, Suku Dani menganggap jari sebagai simbol kerukunan, persatuan, dan kekuatan dalam diri manusia.

Kehilangan jari mengakibatkan ketimpangan dalam suatu pekerjaan. Sehingga, hal tersebut dipersepsikan sama dengan kehilangan anggota keluarga.

Suku Dani menghilangkan jari dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan benda tajam, menggigit ruas jarinya hingga putus, atau mengikat jari dengan seutas tali sehingga aliran darahnya terhenti.

3. Tradisi berjalan tanpa alas kaki Suku Baduy Dalam, Banten

Tradisi Unik yang Tidak Lazim Di Indonesia

image via: kopistengah.blogspot.com

Tradisi leluhur masih sangat dipegang teguh oleh Suku Baduy Dalam, salah satunya tidak pernah memakai alas kaki ketika bejalan ataupun menaiki kendaraan.

Jika seorang Suku Baduy Dalam melanggarnya, maka sanksi yang harus diterima adalah diusir dari kawasan Baduy Dalam dan menjadi bagian dari Suku Baduy Luar yang sudah mengalami modernisasi.

4. Tradisi memandikan mayat (Ma’Nene) di Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tradisi Unik yang Tidak Lazim Di Indonesia

image via: dai-detected.blogspot.com

Tradisi ini mengundang perhatian dari masyarakat luas seantero Nusantara. Pasalnya, mayat leluhur dari masyarakat sekitar pegunungan Sesean, Toraja, setiap tiga tahun sekali akan didandani layaknya manusia yang masih hidup.

Mayat-mayat leluhur mereka dapat terlihat cukup utuh jika dibandingkan dengan mayat-mayat seusianya karena mengalami proses pengawetan.

> Baca Juga: Menyaksikan Ritual Mayat Berganti Pakaian Di Tanah Toraja

5. Tradisi mengasingkan wanita hamil (Penamou) Suku Naulu, Maluku

Tradisi Unik yang Tidak Lazim Di Indonesia

image via: andriewongso.com

Wanita hamil yang identik membutuhkan perhatian lebih dari sang suami tidak berlaku dalam tradisi suku ini.

Wanita hamil Suku Naulu akan mengasingkan diri di sebuah gubuk kecil berukuran 2 x 2 m yang hanya berisi tempat tidur. Selama masa kehamilan gubuk hanya boleh dikunjungi oleh sesama wanita, hingga mencapai masa melahirkan.


March 14, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin