Ini Alasan Mengapa Makanan Pedas Baik bagi Kesehatan Anda



Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

image via: Vineveracosmetics.com

Kabar baik untuk Anda yang suka menyantap makanan pedas. Selain memberikan sensasi dan kemeriahan tersendiri pada makanan, rupanya makanan pedas juga berdampak baik bagi kesehatan.

Studi terbaru dari Chinese Academy of Medical Sciences menyatakan bahwa asupan makanan pedas bermanfaat bagi kualitas kesehatan seseorang. Mereka yang mengonsumsi makanan pedas dengan kadar yang baik memiliki risiko 14% lebih rendah dari penyakit penyebab kematian.

Meski begitu, tetap ada rambu-rambunya, lho! Manfaat ini bisa Anda peroleh bila tak berlebihan mengonsumsi makanan pedas dari bahan alami dan akan bermanfaat lebih baik bila Anda tak mengonsumsi alkohol.

Selengkapnya, inilah 5 manfaat langsung dari makanan pedas yang Anda santap.

1. Menurunkan berat badan

Berdasarkan penelitian dari Purdue University pada tahun 2011, makanan pedas dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan pembakaran kalori.

Relawan yang bekerja sama dengan peneliti mengkonsumsi cabai sesuai keinginan mereka dan standar porsi konsumsinya, yaitu sekitar setengah sendok teh.

Pasca mengkonsumsi cabai tersebut, terbukti cabai pedas yang dikonsumsi relawan berkontribusi terhadap pembakaran kalori yang lebih banyak.

2. Baik untuk jantung

Berdasarkan penelitian American Chemical Society, kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas pada cabai yang mengandung capsaicin mampu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Alasannya, rasa pedas dari cabai mampu mengurangi efek buruk dari LDL (kolesterol jahat) pada tubuh. Selain itu kandungan capsaicin pada cabai juga mampu menanggulangi peradangan dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor dari serangan jantung.

3. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian American Association for Cancer, kandungan capsaicin pada cabai mampu menghancurkan beberapa penyakit kanker, seperti pada sel-sel kanker penyebab leukimia (kanker darah).

Menurut Gregory A. Plotnikoff, M. D., seorang konsultan senior untuk inovasi perlindungan kesehatan di Allina Hospital and Clinics di Mennesota, mengkonsumsi makanan pedas atau cabai memiliki cara kerja yang sama seperti apa yang banyak obat kanker lakukan pada tubuh penderitanya.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan vitamin A dan C pada cabai bermanfaat untuk menguatkan otot dinding jantung. Sedangkan efek rasa pedas dan panas pada cabai akan meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

Dua manfaat yang berkolaborasi tersebut dipercaya akan mampu menguatkan sistem kerja kardiovaskular pada jantung.

5. Meringankan stress

Makanan pedas terbukti meningkatkan produksi hormon yang mempengaruhi perasaan senang seseorang, seperti pada hormon serotonin. Hormon ini berkontribusi  mengurangi depresi dan stress.

Bagi Anda yang bukan penikmat makanan pedas, manfaatnya tetap dapat dirasakan dengan menambahkan perasa pedas (pada cabai salah satunya) sesuai batas takaran Anda.


April 5, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin