Manfaat Dibalik Kebiasaan Membaca Sebelum Tidur



kebiasaan membaca sebelum tidur

image via: valleysleepcenter.com

Kabar baik bagi Anda yang hobi membaca. Kegiatan ini rupanya tak hanya memperkaya pengetahuan Anda, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan Anda, bahkan jika melakukannya sebelum tidur.

Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan setelah diri Anda membiasakan diri meluangkan waktu untuk membaca buku, majalah atau sumber bacaan fisik lainnya sebelum tidur.

1. Tidur lebih berkualitas

Menurut penelitian dari organisasi Mayo Clinic, membuat ritual sebelum tidur dengan membaca memberikan sinyal kepada tubuh untuk lebih siap dalam berinstirahat. Membaca buku fisik memberikan efek rileksasi yang jauh lebih baik daripada bacaan pada gadget

Membaca lewat gadget justru akan membuat Anda terjaga lebih lama, bahkan menimbulkan potensi tidur yang tidak nyenyak.

2. Mengurangi stress

Berdasarkan penelitian di University of Sussex pada tahun 2009, level stress dapat dikurangi dengan membiasakan diri untuk membaca sebelum tidur  secara rutin.

Apapun genre bacaannya, tenggelam dalam alur sebuah cerita di buku dapat menghilangkan perasaan khawatir dan stres akibat beragam aktivitas dan rutinitas keseharian seseorang.

3. Lebih kreatif

Menurut penelitian dari National Center Biotechnology Information mencari inspirasi lewat kebiasaan membaca buku baik bagi perkembangan kreatifitas Anda.

Dengan ritual tersebut, otak Anda akan membiasakan diri untuk menghasilkan banyak ide baru dan inspirasi. Hal tersebut juga baik bagi perkembangan pikiran Anda selama aktivitas tidur berlangsung.

4. Meningkatkan empati

Empati yang merupakan kemampuan melihat dunia dari beberapa perpektif dan bersimpati terhadap sesuatu ini ternyata dapat ditingkatkan dengan membiasakan diri membaca.

Raymond Mar, seorang psikolog dari York University di Kanada menemukan bahwa kebiasaan membaca buku bergenre fiksi mampu meningkatkan kepekaan terhadap karakter dan perasaan seseorang.

Buku fiksi memberikan imajinasi yang baik sehingga pembaca dilatih untuk memiliki kemampuan untuk memahami alur cerita sekaligus pendalaman karakter


March 28, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin