Manajemen Waktu Saja Tak Cukup, Lakukan Hal Ini untuk Melengkapinya


Ada satu sumber daya yang tak kalah berharga dari waktu.


manajemen waktu

Image via: healthaccommodation.com

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika membahas tentang manajemen waktu? Kebanyakan profesional yang begitu sibuk, umumnya memberikan cukup banyak perhatian akan hal itu. Sebagian dari mereka mungkin selalu berusaha untuk produktif dalam setiap menit yang dihabiskan di tempat kerja dan tak puas dengan batasan waktu 24 jam dalam sehari.

“Kita memang perlu mengelola waktu yang terbatas dengan baik, namun kita juga harus mengelola dan memberikan fokus pada sesuatu yang lebih penting, yaitu energi yang – sayangnya – juga  terbatas,” kata Sandja Brügmann, CEO/founder The Passion Institute & Refresh Agency di AS.

Dalam waktu yang terbatas, ada hal-hal yang dapat kita lakukan setiap hari untuk memberikan energi pada diri sendiri agar menjadi lebih efektif dan produktif di tempat kerja.  Maka, kita pun mesti jeli dan menyadari hal atau perilaku apa yang mampu meningkatkan energi kita. Caranya, sebagai berikut.

1. Pilih dengan siapa Anda akan menghabiskan waktu

Pergunakanlah waktu Anda bersama orang-orang yang membuat Anda merasa penuh semangat. Untuk itu, mulailah cermati bagaimana perasaan Anda setelah menghabiskan waktu bersama teman atau rekan yang menjadikan Anda merasa berenergi, begitu juga dengan yang tidak demikian.

Selanjutnya, berikan batasan bagi diri sendiri untuk membagi waktu lebih banyak bersama mereka yang mendorong energi Anda ketimbang bersama mereka yang kerap menguras energi Anda.

2. Pilih jenis makanan yang mampu membangkitkan energi

Berikan tubuh Anda asupan makanan yang baik untuk sumber energi dan bahan bakar, lalu kurangi konsumsi makanan yang hanya memberi kesenangan sesaat seperti berbagai jenis junkfood. Kenali tubuh Anda dan perhatikan bagaimana reaksi tubuh terhadap jenis makanan yang berbeda.

Umumnya, makanan organik, sayuran, buah, smoothies dan salad memberikan manfaat yang bagus untuk mendukung energi dan vitalitas.

3. Ambil waktu untuk meditasi atau menikmati keheningan

Setiap orang, komunitas atau aliran agama tertentu punya cara tersendiri dalam menyambut dan menikmati keheningan. Sudah banyak pula kajian ilmiah membuktikan bahwa meditasi baik untuk menopang kehidupan seseorang dalam bebrapa hal seperti kinerja, kedamaian dan kepuasan batin.

Phil Jackson, pelatih NBA yang telah memperoleh 11 kejuaraan NBA juga menerapkan sesi meditasi selama bertahun-tahun terhadap para pemainnya.

Meditasi tak hanya mencakup pengurangan stres tapi juga baik untuk memperbaiki fokus, kemampuan mengelola emosi dan situasi sulit, meningkatkan empati, ketahanan diri lebih besar dan kemampuan menghadapi rasa takut, serta bermacam manfaat lain yang akan meyakinkan Anda akan pentingnya menjadwalkan meditasi di tengah kesibukan Anda.

Bila memang merasa sulit, Anda tetap dapat menikmati keheningan dan kesendirian dengan berbagai cara, seperti berjalan kaki, berenang, berkebun, menikmati alam semesta dan lain sebagainya. Selamat bermeditasi dan rasakan perbedaan besar pada energi Anda.

4. Lakukan olahraga

Walau akan banyak energi yang keluar saat berolahraga, tapi efeknya mampu memberikan energi lebih banyak dari yang kita miliki sebelumnya, termasuk terhadap peningkatan mental. Jadi, sebaiknya segera pastikan latihan atau olahraga yang sesuai supaya Anda merasa lebih sehat dan energik.

Jika Anda malas nge-gym,  lakukan saja kegiatan dancing sambil mendengar musik favorit di kamar Anda. Jika masih kurang termotivasi, ajak teman atau bergabung dengan grup olahraga, biasanya hal ini akan membuat Anda lebih semangat menjalaninya.

Ubah pola pikir bahwa Anda harus melakukan olahraga dengan sikap penyesuaian yang layak, yaitu ‘Saya mencintai diri saya sendiri, dan saya ingin memastikan vitalitas dan kesehatan saya untuk diri sendiri dan orang-orang yang saya cintai”.

5. Jangan lupa main

Bermain dan tawa dapat membangun energi, kepuasan, koneksi dan produktivitas. Ada cara termudah untuk bermain meski Anda terlalu sibuk di tempat kerja, yaitu dengan meluangkan waktu untuk bersantai sambil membahas sesuatu yang mengundang tawa bersama rekan atau karyawan Anda.

6. Pastikan kebutuhan tidur tercukupi

Penelitian yang dilakukan NASA mengenai tidur menunjukkan bahwa karyawan yang tidur siang selama minimal 30 menit setiap hari akan menjadi 35% lebih produktif dari yang tidak melakukannya.

“Ketika kita beristirahat, kita lebih mampu melihat gambaran besar akan rencana atau berbagai hal terkait pekerjaan secara lebih baik,” ungkap Sandja Brügmann.

7. Ikuti passion Anda

Idealnya, pekerjaan yang kita lakukan merupakan sesuatu yang kita suka dan cintai. Karena, faktanya pekerjaan apapun akan lebih banyak ‘memakan’ sebagian besar hidup kita.

Jika Anda adalah seseorang yang berkarir di bidang yang Anda cintai, bersyukurlah karena Anda telah menemukan tujuan hidup dan bisa menghabiskan sebagian besar waktu Anda di zona yang penuh gairah dan berkah.


April 2, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin