Makanan ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mencegah Kegemukan



tidur cukup mencegah kegemukan

Image via: Bodyandsoul.com.au

Kualitas tidur yang baik menjadi salah satu faktor penting dalam menetukan kinerja Anda selama beraktifitas dan menjaga berat ideal tubuh atau mencegah kegemukan.

Bukan sekedar mitos, kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas ternyata memang menyebabkan kegemukan. Marie Pierre St Onge, PhD, asisten profesor di Departemen dan Institut Nutrisi Manusia  di Colombia University Medical Center, telah menemukan keterkaitan antara keberhasilan diet dengan kualitas tidur.

Sedangkan, berdasarkan temuan lain dari American Journal of Clinical Nutrition, tidur cukup setiap malam akan membantu membakar kalori tubuh dengan baik selama beraktifitas.

Tak hanya itu, kunci meningkatkan kualitas tidur sekaligus menjaga bobot tubuh yang ideal rupanya  juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Berdasarkan laman fitnessted.com, inilah rekomendasi makanan untuk Anda yang ingin memiliki kualitas tidur sempurna dan berat tubuh ideal.

1. Biji Kenari

Menurut Penelitian Readers Digest, kenari kaya akan zat tritofan dan asam amino. Zat tersebut membantu produksi hormon serotonin dan melatonin untuk meningkatkan kualitas tidur dan membantu siklus tidur Anda.

Biji kenari dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya pada bahan makanan Anda.

2. Kacang Almond

Kandungan mineral magnesium yang dimiliki kacang almond terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur Anda. Penelitian Journal of Orthomolecular Medicine menemukan bahwa rendahnya kadar magnesium dalam tubuh membuat kita sulit tertidur.

3. Tuna

Tuna, bersama jenis ikan halibut dan salmon memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Kandungan tersebut membantu produksi hormon melatonin dan serotonini. Selain itu, terdapat kandungan protein yang baik untuk membakar lemak Anda saat tidur.

4. Keju

Keju terkenal mengandung kandungan kalsium yang tinggi. Selain keju, kandungan serupa dapat ditemukan di produk lainnya seperti yoghurt dan susu. Selain kalsium, terdapat kandungan triptofan pada keju juga membantu memproduksi hormon melatonin.

5. Sereal

Mengonsumsi semangkuk sereal sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur malam yang baik. Tambahkan susu untuk mendapatkan tambahan kalsium bagi sereal Anda.

6. Chamomile Tea

Menurut Readers Digest, secangkir chamomile tea dengan wangi yang khas memberikan rasa rileks dan membantu Anda tertidur. Penelitian mengaitkan chamomile tea memiliki fungsi seperti zat glisin, yaitu sejenis bahan kimia yang bertindak sebagai obat penenang ringan dan merileksasi saraf dan otot.


February 22, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin