Kostum Superhero Buatan Indonesia Tembus Pasar Mancanegara



kostum superhero buatan indonesia

image via: ziliun.com

Siapa yang masa kecilnya sering dihiasi oleh aksi superhero dari Jepang di televisi? Yup, cerita mereka yang menghibur banget ini selalu dinanti terutama di akhir pekan.

Tampilan aktor yang keren dan perkasa dibalut dengan kostum superhero sukses membuat anak-anak dari berbagai zaman tergila-gila.

Saking sukanya, para fans pun rela mengeluarkan banyak uang untuk mengoleksi action figure. Bahkan,  demi memuaskan rasa kangen dan keinginan untuk tampil seperti jagoan aslinya, banyak yang berburu kostum sampai segitunya.

Cermat melihat peluang bisnis dari aktivitas para fans superhero ini, Alam Hazmi Alkarami (21) langsung mengembangkan hobinya dalam berkreasi kostum superhero menjadi ladang usaha. Dan tahun 2013 menjadi awal bagi bisnis yang diberi nama Strike Project untuk menjawab permintaan pasar.

Kostum buatan Alam sudah laris manis di kalangan lokal, bahkan sampai mancanegara seperti Perancis. Di Indonesia, kostumnya dihargai Rp 2,2 juta hingga Rp 2,7 juta, sementara untuk pasar mancanegara sekitar 300 dolar. Kostumnya disukai pasar lantaran kualitasnya yang bagus namun harganya terjangkau.

kostum superhero buatan indonesia

Contoh kostum buatan Strike Project: Kamen Rider Den-O, Kabuto dan Agito – image via: j-cul.com 

Pria yang menempa ilmunya di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini punya komentar tersendiri soal superhero Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memang punya banyak cerita superhero, sayangnya ada berbagai permasalahan yang membuat superhero Indonesia tak kunjung populer, salah satunya dalam hal kostum.

Dia berharap, ke depannya kemasan kostum superhero Indonesia semakin mengeksplorasi ornamen daerah seperti Jawa, Sulawesi atau Sunda. Dengan begitu akan tampak ornamen khas Nusantara yang menjadikan superhero kita lebih unik dan berbeda dari yang lainnya.

Semoga suatu hari nanti akan ‘lahir’ kostum superhero Indonesia yang super keren ciptaan Alam dan tim Strike Project-nya  😀

 

 

 


June 7, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin