Kopi Membuat Panjang Umur? Ini Penjelasannya



kopi membuat panjang umur

Image via: Pinstor.us

Selain meningkatkan kewaspadaan dan denyut jantung, ternyata kopi juga punya manfaat yang berkaitan dengan ‘panjangnya’ umur. Jadi bukan hanya untuk menolak rasa kantuk dan sebagai teman begadang saja.

Beberapa ahli menjelaskan bagaimana kopi bisa membantu Anda lebih sehat dan bebas beberapa penyakit berbahaya, sehingga berpotensi panjang umur. Beberapa manfaat tersebut diantaranya:

1. Mencegah stroke

American Heart Association menerbitkan penelitian bahwa kopi dapat mengurangi risiko stroke. Konsumsi kopi secara rutin setiap hari mempu mengurangi risiko terkena stroke sebanyak 20 persen dalam jangka waktu 10 tahun. US Journal Stroke menyarankan konsumsi  kopi setiap hari.

 2. Mencegah penyakit saraf

Dari lansiran laman coffeandhealth.org, yang didasarkan pada human epidemilogical studies, bahwa menikmati secangkir kopi secara rutin setiap harinya, mampu mengurangi risiko terkena penyakit demenesia dan alzheimer. Selain itu, kopi juga ternyata dikenal mampu mencegah penyakit parkinson.

 3. Mencegah depresi hingga bunuh diri

Penelitian yang diterbitkan oleh Harvard pada tahun 2013 menyatakan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi dua atau empat cangkir kopi mampu mengurangi dorongan untuk bunuh diri.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan kafein pada kopi yang dikonsumsi membuat metabolisme tubuh menjadi baik.

Meskipun dianjurkan, takaran konsumsi kopi juga harus dibatasi. Satu hingga dua cangkir jadi rekomendasi yang memberikat dampak positif.

5. Membakar lemak

Kopi terbukti mampu meningkatkan metabolisme sebanyak 3-11 persen. Hal ini berdampak pada proses pembakaran lemak di tubuh yang lebih mudah. Usahakan hindari krimer dan cokelat pada kopi, karena memiliki kalori yng cukup tinggi.

6. Menjaga kesehatan hati

Menurut lansiran dari laman Medicalnewstoday, kebiasaan minum kopi paling tidak dua gelas atau lebih setiap hari mampu mengurangi resiko kematian akibat sirosis hati sebesar 66%.

7. Menghindari diabetes tipe 2

Kebiasaan meminum kopi sebelum makan dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah. Sehingga kadar resistensi terhadap insulin di tubuh jadi lebih tinggi dan mampu mencegah diabetes.


February 26, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin