Kisah Tragis Kehidupan Bawah Tanah di Bucharest, Romania



Dekorasi Rumah Bawah Tanah

image via: stockphotosforfree.com

Selain memiliki kisah kekejaman Vlad Dracula yang legendaris, rupanya Romania juga punya kisah pilu lain yang dialami sebagian masyarakatnya. Di Bucharest, ibukota Romania, warga minoritas yang terdiri dari para pecandu narkoba dan penderita HIV harus mengalami penolakan sekaligus perlakuan diskriminatif yang cukup ekstrim. Dampaknya, banyak di antara mereka yang tidak memiliki tempat tinggal.

Perlakuan tersebut menyebabkan mereka menciptakan ruang khusus di bawah tanah atau gorong-gorong saluran sebagai tempat tinggal. Tempat ini layaknya jurang pemisah antara golongan mereka dengan masyarakat mayoritas yang berada di atas kota berjuluk ‘The Little Paris’ itu.

Dengan segala keterbatasan, para tunawisma tersebut bergotong-royong mendekorasi interior ruangan bawah tanah. Di bawah sana, mereka berharap bisa melanjutkan hidup hingga ajal tiba. Itulah alternatif tempat perlindungan terbaik yang mereka punya dan yakini.

bucharest 1

Sumber: dailymail.co.uk

Pada tahun 2014, sebuah film besutan Channel 4 mencoba memaparkan potret muramnya nasib ‘Republik Bawah Tanah Bucharest’. Dalam film dokumenter itu, dijelaskan bahwa tragedi ini bermula dari revolusi Rumania pada 1989 silam. Jatuhnya rezim lama menyebabkan puluhan ribu anak-anak terlantar hingga akhirnya mereka mencoba mencari perlindungan di lorong bawah tanah Bucharest. Di sana mereka mengalami ketergantungan obat dan melakukan aktivitas seksual.

bucharest 2

Lee & Nico, 2 orang penduduk bawah tanah Bucharest dalam film dokumenter Channel 4. Sumber: dailymail.co.uk

Kisah Tragis Kehidupan Bawah Tanah di Bucharest ternyata juga menginspirasi beberapa kreator seni untuk menghadirkan dekorasi rumah bawah tanah, seperti pada beberapa saluran air di dearah Lodi, Milan.

Dekorasi Rumah Bawah Tanah

Image via: biancoshock.com

Dekorasi Rumah Bawah Tanah

Image via: biancoshock.com

Dekorasi Rumah Bawah Tanah

Image via: biancoshock.com


April 27, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin