Kini Printer 3D Bisa Digunakan Untuk Membangun Rumah



Printer 3D

Arsitek Belanda, Hedwig Heinsman, membangun rumah kanal yang bentuknya menyerupai blok lego raksasa dari fabrikasi potongan plastik menggunakan printer 3D.

Ia ingin menunjukkan potensi baru dari pemanfaatan alat percetakan 3D untuk menciptakan kontruksi sebuah bangunan dengan berbagai bahan baru, eksplorasi desain dan menguji teknik bangunan.

Printer 3D    Printer 3D

Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya, katanya, yaitu dengan segera melakukan hal di luar dugaan itu.

“Tujuan proyek demonstrasi ini diluncurkan hanya untuk 1 rumah, kemudian ia menegaskan bahwa bangunan rumah akan disempurnakan seiring dengan perkembangan mesin percetakan 3D, paling lama 3 tahun,” kata Heinsman.

Jauh-jauh hari sebelum mengeksekusi idenya, wanita ini membayangkan betapa serunya arsitektural masa depan bila ada banyak arsitek yang mampu membuat rumah custom-craft, atau hanya tinggal download desainnya dari webstore arsitek online lalu dapat segera dibangun, tinggal download dan eksekusi.

Inti dari proyek ini adalah terciptanya mesin percetakan 3D sepanjang 6 meter, yang kemudian ia namakan Kamermaker atau dalam kata lain room-builder.

Butuh waktu seminggu bagi Kamermaker untuk mencetak 1 potongan besar blok unik, yang di setiap helainya terdapat struktur blok yang berbentuk menyerupai sarang lebah. Blok pertama untuk membentuk sisi sudut rumah dan tangga dengan berat sekitar 180 kg.

Printer 3D

Selanjutnya blok akan diisi dengan busa yang dapat mengeras seperti beton supaya kuat menahan beban dan mengunci setiap jejeran bloknya.

Printer 3D

 Printer 3D

 

Heinsman berharap dapat menambah printer yang menciptakan berbagai desain. Oleh karena itu dirinya pun meminta bantuan kepada Heijmans, perusahaan konstruksi asal Belanda dan Heinkel, produsen bahan kimia dari Jerman, serta berbagai pihak yang mau berpartisipasi untuk proyek kreatifnya itu.

(Main Image: 3dprintcanalhouse.com)


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin