Keren, Siswa SMP Surabaya Ciptakan Robot Penyiram Tanaman Otomatis



robot penyiram tanaman

ilustrasi robot penyiram tanaman – image: csmonitor.com

Sekarang menyiram tanaman jadi lebih gampang dan menyenangkan. Kamu tak perlu khawatir lagi bila tanaman layu akibat kamu lupa menyiramnya. Karena, Rafsi Azzam Hibatullah Albar. Siswa SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya telah berhasil menciptakan robot penyiram tanaman otomatis. Robot ini punya misi menyelamatkan tanaman agar tubuh sehat dan subur.

Di masa mendatang, semua tanaman di rumah akan mendapatkan perawatan yang pas dan menyenangkan.

Robot yang diberi nama Al Azhar Plant Watering Automation ini telah meraih beberapa gelar juara, dan pertengahan Juli mendatang sang robot akan di terbangkan ke India untuk mengikuti ajang Asia Pasific of Young Scientist 2016.

robot penyiram tanaman smp al azhar

Pelajar SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya yang merancang robot rescue memamerkan karyanya. Foto kanan, Rafsi Azzam Hibatullah Albar menunjukkan robot penyiram tanaman karyanya. Foto: Jawapos.com

Nyawa robot ini berasal dari energi matahari. Rafsi menggunakan solar cell untuk menampung energi matahari dan mengubahnya menjadi energi gerak. Hal ini menjadikan robotnya lebih hemat listrik, karena dapat menyerap energi matahari hingga 16 volt.

Kelebihan lainnya, robot dipasangi sensor kelembapan dan sensor hujan. Jadi, robot tidak akan menyiram tanaman bila hujan turun. Juga ada microcontroller yang dapat menyimpan data-data tanaman serta kebutuhan air dari setiap tanaman.

Kedepannya, Al Azhar Plant Watering Automation diharapkan akan semakin akurat dalam membantu dan memastikan setiap tanaman mendapat jumlah takaran air yang tepat. Sehingga akan banyak tanaman yang tumbuh jadi lebih sehat.

Selain Rafsi, SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya juga bersiap memberangkatkan anak didiknya ke ajang internasional lainnya. Tim perancang robot rescue, Inggita Nurmala Putri Wardhana, Abiyyuda Naufal, dan Anindita Pramesthi Putri Wardhana, melaju ke kejuaraan Robocup di Jerman pada akhir Juni mendatang.

 

 


June 8, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin