Kenali 5 Tipe Entrepreneur



entrepreneur

Image Courtesy: entrepreneurcafe.org

Banyak orang yang berupaya mewujudkan kebebasan dalam bekerja dan berkarya dengan memilih ‘jalur’ wirausaha. Tapi tahukah bahwa setiap pengusaha memiliki pola pikir dan pola kerja yang berbeda?

Seperti dilansir dalam entrepreneur.com,  berikut adalah 5 tipe umum dari para pewirausaha di dunia. Termasuk dalam tipe entrepreneur yang manakah Anda?

1. Pengusaha skeptis

Tipe ini biasanya gemar menganalisis bisnis orang lain namun sukar percaya mengapa seseorang bisa sesukses itu. Mereka sering mempertanyakan keberhasilan orang lain.

Cara pandang tipe pengusaha seperti ini biasanya sukar ‘melihat’ bahwa kesuksesan dapat diwujudkan. Sehingga mudah terjebak dengan pola pikir yang membuat jalan menuju kesuksesannya menjadi kurang mulus.

Hal ini karena pola pikir skeptisnya seringkali menciptakan alasan yang dapat membuat mereka percaya sepenuhnya, bahayanya pemikirannya itu jarang akurat. Ini adalah tipe yang paling menakutkan dari setiap pengusaha.

2. Pengusaha copycat

Bila melihat keberhasilan orang lain maka tipe pengusaha ini akan berupaya menyalin persis apa yang telah dilakukan orang sukses yang dicontohnya.

Mereka senang meggeluti model keberhasilan orang-orang yang dianggapnya cerdas berbisnis, dan mencari cara agar model bisnis itu relevan dengan bisnis yang sedang mereka kembangkan, bahkan bisa sampai mencontoh kepribadian para pebisnis sukses yang diidolakannya.

3. Pengusaha doyan riset

Pengusaha ini gemar belajar dan meneliti setiap skenario dan hasil yang memungkinkan untuk memulai atau mengembangkan strategi bisnis mereka. Meski bagus untuk dilakukan namun kebiasaan itu bisa menjadi masalah yang buruk. Karena kegemaran riset yang berlebihan berpotensi menciptakan alasan untuk tidak melakukan tindakan.

Tipe ini sangat disarankan untuk melengkapi kesibukkan risetnya dengan segera melaksanakan apa yang telah dipelajarinya. Di dunia ini sudah terlalu banyak pengusaha yang menjadi korban informasi berlebihan. Padahal kunci keberhasilan adalah belajar dan segera diterapkan dalam bisnis.

4. Pengusaha tekun

Mereka belum berhasil tapi punya kepercayaan kuat akan memperoleh keberhasilan.  Tipe ini piawai menilai dunia kewirausahaan dan mereka akan melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan untuk memulai atau mengembangkan bisnis mereka.

Memulai dan mengembangkan bisnis tentu sulit serta butuh waktu, dan potensi untuk berkembang selalu ada. Tipe pengusaha ini punya tekad yang kuat dibalik kisah sukses mereka.

5. Pengusaha ulung

Adalah mereka yang telah melalui semua tahapan kewirausahaan dan mencapai keberhasilan. Pengusaha ulung tahu betul hal-hal yang dapat membantu mereka untuk semakin sukses, mereka tahu cara untuk terus terhubung dengan pelanggan, mengatasi rintangan besar. Mereka tidak ‘membuat’ tapi justru mengalami kebebasan sejati. Waktu adalah sumber daya yang paling berharga sehingga mereka menggunakannya secara bijak.

 

Masing-masing pengusaha punya penilaian yang berbeda mengenai kesuksesan. Jika saat ini Anda merasa terjebak, mungkin saja kini anda berada dalam zona atau tipe pengusaha yang seharusnya Anda miliki.

Sukses itu butuh waktu, dan upaya mengembangkan bisnis memang banyak mengambil kehidupan Anda. Namun, kebebasan sejati dalam berwirausaha merupakan hal sepadan yang bisa Anda dapatkan dari buah keberhasilan Anda. Sekarang, mulailah tentukan apa tujuan bisnis Anda, apa yang Anda inginkan dari bisnis itu dan bagaimana menyocokkannya ke dalam kehidupan Anda.


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin