5 Kebiasaan ini Ampuh Meningkatkan Kecerdasan



Kebiasaan ini Mampu Meningkatkan Kecerdasan

image via: sharetu.com

Kecerdasan menjadi faktor yang sangat penting untuk menunjang performa di beragam aktivitas. Banyak peneliti rela menghabiskan waktunya demi memberikan hasil akurat dalam meningkatkan kecerdasan manusia.

Kecerdasan manusia kerap disamakan dengan istilah lainnya yaitu IQ. Meskipun IQ dapat berubah dan bersifat dinamis, setidaknya manusia tetap terobsesi untuk secara konsisten memilik IQ yang tinggi sebagai tolak ukur kecerdasannya.

Berikut beberapa tips jitu untuk meningkatkan performa otak secara efektif.

1. Bermain Alat Musik

Berdasarkan penelitian dari Boston Children’s Hospital ditemukan hubungan antara bermain alat musik dengan meningkatkan improvisasi fungsi eksekutif pada anak maupun orang dewasa.

Fungsi eksekutif berkaitan dengan proses kemampuan kognitif tingkat tinggi yang memadukan kemampuan memproses dan menyimpan informasi, mengatur perilaku, membuat pilihan yang tepat dan memecahkan masalah.

2. Konsumsi makanan sehat bagi otak

Penelitian terbaru dari Jurnal Neurology menemukan diet yang tepat dan berkualitas akan membantu menurunkan risiko kehilangan memori dan kemampuan berpikir.

Diet gaya Mediteranian seperti konsumsi olive oil dan kacang-kacangan yang kaya akan anti oksidan sangat baik untuk ‘mempertajam’ fungsi otak Anda.

Konsumsi alpukat yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal juga terbukti mampu meningkatkan kekuatan otak sekaligus melindungi sel-sel saraf di otak.

3. Tidur cukup

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), tidur dengan kualitas baik berdurasi 7 hingga 9 jam dalam semalam membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.

Selama tidur, otak mampu menghasilkan neuron-neuron baru sehingga saat bangun tubuh akan kembali lebih optimal.

4. Lakukan aktifitas fisik

Aktifitas fisik seperti berolahraga terbukti sangat baik dalam meningkatkan kemampuan otak. Penelitian dari Stanford bahkan menganjurkan, cukup dengan olahraga jalan ringan sudah berkontribusi meningkatkan kreatifitas.

Aktifitas fisik juga terbukti mengkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, potensi penyakit seperti demensia, tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol juga mampu dikurangi.

5. Hindari stres

Stres banyak diakibatkan oleh banyaknya faktor internal ataupun eksternal yang memengaruhi pikiran. Untuk menangkalnya, kinerja otak harus difokuskan pada hal positif.

Mengarahkan pikiran kepada hal yang menimbulkan kedamaian dan ketenangan membuat otak lebih berkembang dan menghasilkan respon yang baik.


January 5, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin