Kebersihan dan Kesehatan Kaki Juga Harus Dijaga, Bro!


Ini adalah abad terbaik bagi para pria untuk peduli akan kesehatan dan penampilan.


Kebersihan dan Kesehatan Kaki

image via: familyfootcarefl.com

Dalam sebulan, berapa kali Anda memperhatikan kondisi di area jari kaki Anda? Kebersihan dan kesehatan kaki yang kerap disepelekan bisa menimbulkan masalah tersendiri bagi Anda nantinya.

Kaki seringkali berkeringat dan terperangkap pengab karena terbungkus kaus kaki serta sepatu andalan Anda.

Dengan, mengetahui betapa luar biasanya fungsi kaki dalam menunjang aktivitas Anda selama bertahun-tahun, semestinya Anda pun menyadari bahwa bagian terbawah tubuh ini layak mendapatkan perhatian lebih.

Pepatah Barat bilang, “‘Men look, Women See”,  pria cenderung lebih mengagumi sedangkan wanita cenderung ‘memerhatikan’ dan ‘memeriksa’. Kaki Anda sendiri, bagian yang seringkali luput dari perhatian Anda bisa saja jadi penilaian tersendiri bagi setiap wanita yang Anda kagumi. Jika kaki Anda bersih, tentu saja satu nilai plus sudah Anda kantongi.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah dari Michael Gilman, pendiri The Grooming Lounge untuk membuat si jari-jari kaki selalu tampil ‘ganteng’ setiap hari.

1. Hilangkan bagian kasar di telapak kaki

Menurut Gilman, menggosokkan batu apung sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu ke telapak kaki dapat membantu mengurangi serta menghilangkan bagian kasar atau kapalan. Aktivitas ini memberikan sentuhan yang sangat dibutuhkan telapak kaki Anda.

Untuk menunjangnya, Anda juga perlu menggunakan body scrub untuk membantu pengelupasan sel kulit mati di telapak kaki dan setiap celah jemari kaki Anda.

2. Jaga mereka dari keretakan

Moisturizing itu penting banget untuk menjaga kelembutan, dan idealnya dioleskan ke kaki setiap pagi dan malam hari. “Sebaiknya moisturizing diberikan setelah mandi supaya kandungannnya terserap sempurna ke dalam kulit kaki Anda,” jelas Gilman.

Gunakanlah secukupnya dan hindari untuk langsung mengenakan kaus kaki dan sepatu saat keadaan kaki Anda masih terasa berminyak. Selain tidak nyaman, hal itu juga malah akan menambah penderitaan kulit kaki Anda.

3. Potong kuku secara benar dan teratur

Sebelum memotong, sebaiknya cuci dan rendam dulu kaki Anda. Kaki yang sudah bersih setelah direndam akan melembutkan kutikula di ujung jari, sehingga jadi lebih mudah dibersihkan.

Kutikula yang tebal pada ujung kiri dan kanan tiap jari serta cara memotong kuku yang salah bisa menyebabkan rasa sakit seperti infeksi atau cantengan. Hal ini karena kuku yang terus tumbuh akan menabrak kutikula.

4. Rambut di atas jari kaki, harus diapakan?

Rambut yang tumbuh di atas jari kaki itu normal dan alamiah. Itu juga petanda bahwa kaki Anda mendapatkan aliran darah yang cukup untuk mempertahankan pertumbuhan rambut di bagian itu.

“Tapi, sebaiknya dihilangkan dengan menggunakan wax atau alat cukur jenggot,” kata Gilman. Karena rambut atau bulu yang tidak beraturan bisa terlihat tak menarik sama sekali di mata wanita.

5. Kuku berubah warna? Segera obati!

Saat mengetahui kondisi kuku kaki Anda berwarna kuning, sebaiknya jangan dibiarkan seperti itu. Seringkali perubahan warna disebabkan karena infeksi jamur.

Diagnosis dan penanganan yang tepat dari dokter sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini.


February 24, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin