Kandungan Ajaib Kulit Singkong Mampu Memadamkan Api



Randall Hartolaksono

image via: stockphotosforfree.com

Singkong, kerap kali dianggap sebagai jenis umbi-umbian sekaligus penganan yang kurang populer. Tetapi, Randall Hartolaksono seorang arek Suroboyo menemukan tanpa sengaja ‘keajaiban’ di balik kulit singkong.

Semuanya berawal saat pria kelahiran 60 tahun silam ini kuliah di jurusan Teknik Mesin Universitas London. Kala itu, pemilik panggilan Hart ini sedang meneliti saripati kulit singkong untuk bahan pelumas engsel robot.

Bahan pelumas tersebut tanpa sengaja jatuh di atas nyala api dan menyebabkannya padam. Penelitian pun berlanjut terhadap keampuhan dari saripati kulit singkong di bawah bimbingan Profesor Evans.

randall hartolaksono

Hasilnya, Randall menemukan teori pemutus reaksi kimia berantai dalam proses kebakaran yang dinamakan free radikal atau radikal bebas. Walaupun sempat mengalami penolakan, berkat pengujian di laboratorium selama lima tahun, akhirnya teori Randall mendapatkan pengakuan.

Rahasia saripati kulit singkong dalam memadamkan api terdapat pada kandungan tripotasium sirat. Beberapa penelitian lanjutan pada akhirnya mengembangkan kandungan tersebut untuk aneka produk anti api.

Beberapa produk fantastis hasil kembangan saripati kulit singkong adalah cat yang dioleskan pada kayu dengan kemampuan tahan api hingga 200 tahun.

Beberapa produk lainnya berupa tabung semprot untuk memadamkan nyala api yang kini digunakan secara massal oleh masyrakat.

Akhirnya, produk Randall mendapat sertifikat uji standar dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Bahkan, produknya dipergunakan oleh pihak Istana Buckingham Inggris.

Produknya yang dikenal lebih ramah lingkungan itu juga mampu menyisihkan produk semprotan pemadam kebakaran (halon ) yang biasa dipergunakan perusahaan Malaysia seperti Petronas, Proton dan Telecom.

Ekspansi usaha Randall pun semakin meluas. Selain di Jakarta dan Surabaya, terdapat pabrik perakitan di Malaysia, Singapura, Taiwan, Inggris dan Thailand.


April 20, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin