Rekomendasi Kuliner: 4 Jenis Gado-Gado di Indonesia



gado gado - ukmmarket 1

image via: shutterstock

Masyarakat Jakarta dan sekitarnya pasti sangat akrab dengan gado-gado. Jika Anda pikir gado-gado hanya satu jenis saja, maka Anda perlu lebih sering luangkan waktu untuk berwisata kuliner. Karena jenis gado-gado di Indonesia ternyata punya varian di berbagai daerah dengan nama yang berbeda, tetapi dengan bahan yang kurang lebih hampir sama.

Gado-gado bukan hanya milik Jakarta. Setidaknya terdapat empat jenis gado-gado yang jadi pesona kuliner Nusantara.

Berikut ini berbagai jenis makanan gado-gado yang ada di Indonesia.

Gado-gado Padang (Lotek)

Jenis Gado-Gado di Indonesia

Image Courtesy: bloghayalanku.blogspot.com

Dominasi sayuran masih menjadi menu utama bagi gado-gado yang mendapat julukan lotek di daerah asalnya ini. Perbedaan terletak pada bumbu kacang yang lebih pedas, asin dan berminyak.

Rasa pedas yang jadi ciri khas Sumatra Barat ini biasanya menambahkan cabe merah keriting ditambah dengan kerupuk emping melinjo atau kerupuk merah.

Gado-gado uleg legit Cirebon

Jenis Gado-Gado di Indonesia

Image Courtesy: inforesepku.com

Sensasi rasa gurih, manis dan legit langsung muncul begitu menikmati jenis gado-gado yang satu ini. Tak lain karena santan yang tercampur dengan sambal kacang khas gado-gado.

Campuran kacang tumbuk, gula merah, garam, cabai dan bawang putih yang beradu dengan santan jadi pembeda dengan gado-gado jenis lainnya.

Gado-gado bumbu petis Sidoarjo

Jenis Gado-Gado di Indonesia

Image Courtesy: dananwahyu.com

Jenis ini terinspirasi tahu petis yang juga berasal dari Sidoarjo dan Semarang. Bumbu petis tesebut kemudian dikombinasikan sebagai pengisi tahu pada gado-gado. Sensasi khas ini jadi varian baru

Variasi rasa lain juga bisa dirasakan dengan mencampurkan sambal kacang khas gado-gado dengan sambel petis jadi satu.

Sushi-Gado

Jenis Gado-Gado di Indonesia

Image Courtesy: dev.hclarityhotels.com

Dari namanya ada kombinasi dengan gaya sushi Jepang? Yap, alasan tesebut muncul dari saran banyak turis kepada  Ruchita Permatasari, inisiator gado sushi.

Menurut banyak turis, rasa kuliner Indonesia itu sangat enak tapi sayangnya tak didukung dengan cara menampilkan makanan itu agar terlihat begitu menarik.

Oleh karena itu, gado sushi yang dinamakan Georgeous Gado-Gado ini tercipta. Gado-gado ini bisa Anda temukan di Koffe + Roof Bar G Suites Hotel, Jalan raya Gubeng, Surabaya.


March 10, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin