Inilah Segudang Manfaat Silica Gel Bagi Kehidupan



silica-gel

Image via: diycraftproject.com

Beberapa orang mengenal silica gel hanya sebagai benda sisipan pada kemasan produk sepatu, tas, atau barang yang dikemas dalam kardus.

Seringkali benda kecil layaknya kemasan kantung teh celup ini diremehkan sehingga terbuang begitu saja. Padahal, silica gel sendiri berfungsi menjaga suhu kemasan atau suhu ruang tetap kering dan bebas lembab.

Selain menjaga sepatu kesayangan Anda, silica gel yang dijual di pasar bebas seharga Rp 200–an/bungkus atau Rp 30 ribu–an/kg ini mempunyai banyak manfaat. Berikut diantaranya:

1. Menjaga bibit tanaman atau biji-bijian tidak berkecambah

manfaat silica gel

image via: modernfarmer.com

Koleksi bibit tanaman atau biji-bijian yang biasa Anda pergunakan untuk bercocok tanam atau bahkan sebagai hiasan dapat terjaga aman tanpa berkecambah dengan menyisipkan silica gel.

Perubahan bibit atau bijian-bijian menjadi kecambah disebabkan suhu lembab, dan silica gel menjaganya agar selalu kering.

 

2. Mencegah karatan pada perlengkapan otomotif dan pertukangan

Jika Anda memiliki aktifitas yang akrab dengan perlengkapan otomotif, pertukangan atau sejenisnya, mulai sekarang letakanlah silica gel di dekat obeng, tang, bor, geregaji dan beragam peralatan berbahan dasar besi lainnya. Karena, karat yang terjadi akibat suhu lembab dan adanya kandungan air menyebabkan proses oksidasi dapat dihadang secara ampuh oleh silica gel.

 

3. Menjaga koleksi buku Anda bebas kerusakan dan jamur

Memiliki koleksi buku yang langka dan berumur memang begitu menyenangkan. Sayangnya, masalah yang sering dihadapi adalah kondisi buku yang dimakan umur menjadi usang, rusak dan berjamur.

Jagalah dengan menyisipkan satu bungkus silica gel di sekitar tumpukan buku atau lemari penyimpanan.

Jamur penyebab kerusakan dan bau apek akan mengurungkan diri untuk menempel pada buku-buku Anda bila mereka mengetahui keberadaan silica gel di sekitar rak buku.

4. Menjaga bunga alami agar tidak cepat layu

Bunga sering kali menjadi tanda spesial suatu pemberian kepada seseorang. Untuk menjaga kesegarannya, masukkan silica gel halus pada wadah besar.

Kemudian, masukkan bunga dan timbun secara merata agar silica gel bisa masuk ke sela-sela permukaan bunga.

Lakukan dengan perlahan, setelah itu, tutup rapat dan simpan di tempat sejuk selama 3 – 5 hari. Terakhir, tatalah bunga kering Anda di vas.

5. Menjaga handuk bebas lembab dan bercak jamur

manfaat silica gel

image via: matouk.com

Pengguna handuk sering kali dihadapkan masalah oleh bercak jamur karena keadaan lembab setelah pemakaiannya.

Dua bungkus silica gel dapat menjadi solusi bagi tumpukan handuk andalan Anda agar tetap kering dan bebas jamur.

 

6. Makanan kucing atau anjing peliharaan Anda dapat awet dan tetap lezat

manfaat silica gel

image via: en.wikipedia.org

Menjaga makanan kucing atau anjing peliharaan Anda tetap segar dan lezat adalah salah satu bukti rasa cinta dan sayang pastinya.

Dengan menyisipkan dua bungkus kertas silica gel pada kardus atau kemasan makanan hewan peliharaan Anda, kelezatan dan rasanya akan tetap terjaga.

Jangan lupa, pastikan meletakkan bungkus silica gel dengan aman agar termakan oleh hewan peliharaan Anda.

7. Peralatan olahraga bebas bau dan bekas keringat.

Kamu penggemar salah satu atau beberapa kegiatan olahraga? Pastikan kantung atau wadah berisi peralatan olahraga Anda bebas bau dan bekas keringat dengan menyertakan silica gel.

Masukkan beberapa bungkus kecil silica gel ke dalam wadah tersebut agar menyerap air bekas keringat.

Silica gel menjaga wadah berisi peralatan olahraga Anda yang sangat lembab setelah pemakaian.

8. Menjaga album foto kenangan

Meskipun era digitalisasi telah mengalihkan foto-foto Anda ke berbagai bentuk file, rasanya memiliki album foto kenangan masa lalu menjadi kesenangan tersendiri.

Untuk menjaganya, selipkan bungkusan silica gel ke setiap halaman atau masukkan silica gel kecil ke dalam plastik foto.

Kini foto kenangan Anda tetap terjaga dari suhu lembab, jamur dan kerusakan.

 

9. Lensa kamera bebas lembab

manfaat silica gel

image via: ishootshows.com

Lensa kamera menjadi salah satu bagian krusial dalam peralatan fotografi. Kondisi lembab sering membuat lensa kamera menjadi buram bahkan berair.

Penanganan yang terlamat dan terakumulasi bahkan menyebabkan munculnya jamur pada lensa. Untuk menjaganya, letakkan beberapa bungkus silica gel di dalam tas kamera Anda.

Silica gel akan menjaga kamera beserta lensa Anda dari kelembaban suhu tas dan menyerap kandungan air yang muncul.

10. Peralatan kosmetik bebas jamur

Koleksi kosmetik yang menjadi penunjang penampilan Anda kini bisa lebih tahan lama. Cukup masukkan beberapa bungkus silica gel ke dalam tas berisi peralatan kosmetik Anda.

Bau tidak sedap dan jamur yang muncul akibat suhu lembab pada peralatan kosmetik kini tidak lagi menghalangi Anda untuk tampil maksimal.

Beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan pada perawatan dengan silica gel adalah mengemasnya ke dalam wadah atau kantung kecil agar tidak tercecer atau bercampur dengan barang atau makanan dan minuman Anda. Serta jangan lupa mengganti silica gel jika terjadi perubahan warna.

 

 


April 27, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin