Inilah Kelezatan Empat Jenis Dendeng Khas Minang, Sumatra Barat



Kelezatan olahan daging menjadi salah satu pilihan favorit dari banyaknya varian kuliner Nusantara, salah satunya adalah dendeng. Perlu diketahui, ternyata dendeng bukan hanya berbentuk tipis dan garing dengan balutan olahan cabai merah seperti umum ditemukan di rumah makan khas Padang. Berikut ini beberapa jenis dendeng populer dari Sumatra Barat yang dapat menjadi referensi wisata kuliner Anda:

1. Dendeng balado

Dendeng balado merupakan jenis dendeng paling dikenal oleh masyarakat. Bentuknya berupa irisan daging sapi tipis, lebar, dan kering yang berpadu dengan sambal cabai merah.

Untuk memperolah bentuk dan tekstur yang garing, daging terlebih dahulu dijemur, kemudian digoreng hingga garing.

Sedangkan sambalnya merupakan perpaduan cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis hingga harum hingga menunjukkan jejak minyak kemerahan.

2. Dendeng baraciak

Dendeng berasal dari daging sapi bagian dada (dalam bahasa Padang: bagian sandung lamur atau gajebo) memiliki potongan tebal dan berbumbu irisan cabai hijau, bawang merah, tomat dan air asam sundai (sejenis jeruk purut).

Proses mengolah daging dimulai dari melayukan daging selama dua hari dengan udara panas dapur, kemudian daging diiris dan digoreng namun tidak sampai bertekstur kering.

Dendeng baraciak memiliki kesamaan dengan dendeng balado, hanya berbeda padatekstur dan rasa rempah khas dendeng yang mendominasi.

3. Dendeng lambok

empat jenis dendeng khas minang

image via: padangfood.com

Sesuai dengan bahasa asalnya, dendeng bertekstur basah dengan paduan bumbu sambal dari cabai merah, tomat, bawang merah, dan garam. Agar tekstur daging lembut dan empuk, daging sapi lebih dahulu direbus bersama bumbu yang sudah disiapkan, kemudian dipukul-pukul.

4. Dendeng batokok

Hampir serupa dalam proses pengolahan daging dendeng lambok, dendeng batokok dipukul-pukul hingga mencapai bentuk yang pipih. Tujuannya agar bumbu meresap ke dalam daging dendeng.

Dendeng dapat direbus, dibakar, atau digoreng, namun, tidak sampai teksturnya menjadi garing.

Dendeng batokok dilapisi topping sambal lado mudo yang berasal dari cabai hijau dan tomat hijau, bawang merah, dan garam yang diulek kasar.


April 19, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin