Inilah Cara Kreatif Manfaatkan Makanan Sisa



manfaatkan makanan sisa

image via: stockphotosforfree.com

Konsumsi makanan berlebih bukan hanya meninggalkan dampak buruk bagi tubuh tetapi juga lingkungan.

Pasalnya, kerap kali sisa makanan yang tidak habis terbuang begitu saja dan meninggalkan limbah yang berpotensi merusak lingkungan.

Berdasarkan laman spacecoastdaily dari catatan Food and Agriculture Association of The United Nations, sebanyak 28 persen lahan pertanian di dunia telah digunakan untuk memproduksi makanan sisa yang terbuang.

Salah satu langkah nyata dari memanfaatkan beberapa jenis sisa makanan adalah menggunakan dan mengolahnya kembali menjadi beberapa cara berikut ini:

 

1. Kaldu

manfaatkan makanan sisa

image via: olalababies.wordpress.com

Kini, membuat kaldu sapi, ayam atau sejenisnya dapat menggunakan bahan-bahan sisa sayuran dan daging yang pernah digunakan sebelumnya.

Sisa daging dan tulang sebaiknya disisihkan agar dapat dipergunakan kembali untuk membuat kaldu.

Kaldu juga dapat dicampurkan dengan kulit wortel, daun seledri, kulit bawang, batang janur, daun bawang, atau bahan lain.

Setelah itu, bahan tersebut direbus ke dalam air dengan bumbu-bumbu atau penyedap, kemudian disaring untuk mendapat hasil yang baik.

 

2. Infused water

manfaatkan makanan sisa

image via: thegourmetbox.wordpress.com

Menambahkan kulit-kulit buah, seperti buah jeruk, lemon, jeruk bali, hingga jeruk nipis pada air mineral dianggap mampu memberika aroma terbaik pada minuman.

Eksperimen dengan beragam jenis buah-buahan lainnya juga tidak kalah baiknya. Aroma dan rasa buah semakin kuat saat kulit buah tercampur dalam waktu yang lebih lama.

 

3. Koleksi tanaman

memanfaatkan makanan sisa

image via: stockphotosforfree.com

Bagi Anda yang memiliki halaman yang cukup luas ada baiknya mejadikannya sebagai lahan untuk bercocok tanam.

Manfaatkan sisa ujung pangkal tanaman bertunas atau biji pada sisa buah atau sayuran yang dapat diperbarui menjadi tanaman baru. Misalnya pada ujung buah nanas, biji lemon, biji alpukat, biji persik.

 

4. Penyegar ruangan atau pupuk

memanfaatkan sisa makanan

image via: stockphotosforfree.com

Ampas kopi yang selama ini dibiarkan begitu saja dapat memberi manfaat ganda. Pertumbuhan tanaman dalam pot atau kebun Anda akan lebih baik dengan mencampurkan ampas kopi dengan pupuk.

Selain itu, ampas kopi yang disimpan dalam ruangan mampu mengubah aroma ruangan menjadi lebih harum dan segar.

 

 


April 20, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin