Inilah Beberapa Makanan Pemicu Rasa Lapar



salty-foods

Image via: wisegeekhealth.com

Rasa lapar yang berlebihan dapat berkaitan pada beberapa penyebab kesehatan, salah satunya disebabkan oleh pola makan yang tidak tepat. Alih-alih ingin berdiet justru berat badan malah bertambah akibat salah mengonsumsi makanan. Berikut ini beberapa kandungan zat hingga jenis pada makanan yang perlu dibatasi jika bobot tubuh Anda tidak ingin terus melonjak.

1. Makanan berpemanis

Studi dari Yale University menemukan bahawa rasa manis yang berasal dari gula maupun pemanis buatan pada makanan menimbulkan efek lapar setelah memakannya.

Bukan hanya itu, rasa lapar akibat mengonsumsi makanan mengandung pemanis memberikan efek rasa lapar yang bertahan lebih lama.

2. Makanan asin

Temuan dari University of Florida College of Medicine & McKnight Brain Institute  merilis bahwa rasa asin yang berlebihan juga menimbulkan ketagihan untuk terus mengonsumsi makanan.

Selain itu, rasa asin yang umumnya berasal dari garam membuat seseorang merasa haus dan memicu untuk mengonsumsi minuman segar seperti soda ataupun alkohol.

3. Makanan ber-MSG

Penelitian dari Journal Obesity  melansir bahwa penguat rasa atau Monosodium Glutamat (MSG) kerap menjadi biang keladi seseorang kelebihan berat badan, karena menimbulkan efek ketagihan setelah mengonsumsinya.

Hal tersebut diperkuat oleh temuan The Europen Journal of Clinical Nutrition, kandungan MSG berpotensi merusak regulasi nafsu makan. Karena, MSG akan mengarahkan pola konsumsi kita kepada berbagai makanan lain yang mengandung penguat rasa  tersebut.

4. Roti putih atau pasta

Makanan pemilik indeks glikemik tinggi seperti pada roti putih atau pasta biasanya cepat dicerna dan menjadi gula sehingga tubuh melepaskan insulin. Berdasarkan temuan Health Psychology,  jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan insulin yang meningkat berkontribusi terhadap meningkatnya rasa lapar.

 


April 22, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin