Inilah Aktivitas kreatif Yang Bisa Bikin Waktu Ngabuburit Kamu Di Rumah Jadi Nggak Ngebosenin Lagi!



kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Kamu pasti sudah akrab banget sama yang namanya ngabuburit. Yup, meskipun asal kata ngabuburit dari Bahasa Sunda yaitu menunggu atau menghabiskan waktu sore, istilah ini sudah dikenal sebagai budaya lumrah di berbagai kota besar, khususnya kota metropolitan seperti Jakarta.

Di kota-kota besar, penduduk muslim biasanya sih ngabuburit dengan bermacam-macam cara. Ada yang beribadah dengan bertadarus Al-Qur’an, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, hingga berjalan-jalan menikmati suasana kota.

Nah, buat yang di rumah saja dan bingung mau menghabiskan waktu ngabuburit dengan kegiatan apa. jangan sedih. Yuk, simak berbagai aktivitas kreatif yang bisa bikin waktu ngabuburit kamu jadi nggak ngebosenin lagi.

1.Menghias centong dan spatula kayu jadi lebih berwarna

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Spatula identik banget sebagai ‘senjata utama’ untuk memasak, ya kan? Nah, biar momen memasak menjelang sahur dan berbuka kamu makin seru, coba warnai spatulamu dengan warna cerah atau netral supaya semakin semangat. Jangan lupa pilih spatula berbahan dasar kayu agar warna cat meresap dan menyatu.

2. Bikin glove dari kain perca

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com 

Punya kain sisa yang tak terpakai? Coba variasi dan kombinasikan beberapa corak dan warna kain perca tak terpakai menjadi glove (sarung tangan) lucu. Jangan lupa sesuaikan dengan ukuran tanganmu ya.

3. Bikin lap tangan dari rajutan

kerajinan perabotan rumah

image via: crafthubs.com

Waktu ngabuburit bisa juga kamu isi sambil membuat rajutan kerajinan lap tangan lucu. Kombinasikan beberapa warna benang rajut untuk mendapatkan pola yang unik dan menarik.

4. Membuat nampan dari potongan kayu bekas

kerajinan perabotan rumah

image via: houzz.com

Mulai sekarang, jangan buru-buru buang potongan kayu bekasmu ya. Meski kelihatannya sudah tidak berguna, ternyata beberapa potongan kayu bekas bisa kamu sulap menjadi beberapa kerajinan unik, salah satunya nampan cantik bernuansa etnik ini.

5. Menghias poci keramik dengan cat

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Bagi kamu yang memiliki kreatifitas dan imajinasi di bidang melukis, waktu ngabuburit bisa diisi dengan menuangkannya di atas poci atau beberapa kerajinan keramik lainnya. Gunakan stain colour untuk warna keramik dan kuas china ( maopit ) yang berukuran ramping dan panjang agar lukisan di perkakas keramikmu semakin maksimal.  Untuk campuran pewarna, tambahkan gliserin dan air secukupnya agar cat merekat kuat.

6. Melapisi kabinet dengan selotip hias

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com, etc

Beberapa selotip hias dengan beragam corak dan warna bukan hanya bisa menjadi media perekat sampul atau kertas kado saja lho. Coba deh, rekatkan beberapa selotip hias tersebut ke beberapa pinggiran list kabinet perkakas makan atau lainnya. Jika ingin tampilan yang lain, kamu bisa menggantinya dengan yang corak lain sesuai selera, keren bukan?

7. Menghias cangkir dengan paint marker

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Selain poci keramik, media lain yang bisa jadi wadah bagi imajinasi kamu dalam melukis dan menghias adalah mug atau cangkir. Warna dasar cangkir yang netral seperti hitam atau putih biasanya akan lebih mudah untuk diwarnai dan dilukis dalam berbagai corak dan gambar. Agar kesan gambarnya lebih natural, gunakan paint marker. Momen minum teh atau kopi pasti makin berkesan deh.

8. Bikin stationary dari kaleng bekas

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Daripada terus membiarkan alat tulis kamu berantakan begitu saja, lebih baik berikan mereka wadah sederhana. Tak perlu mahal-mahal, cukup manfaatkan kaleng bekas dengan ukuran yang disesuaikan dengan muatannya, jadilah stationary keren seperti di atas.

9. Make over pintu bekas jadi organizer peralatan masak

kerajinan perabotan rumah

image via: lovrinz.com

Pintu bekas yang sudah copot seklipun bisa jadi organizer peralatan masak kamu yang kece lho. Supaya terlihat lebih menarik, pintu bekas tersebut bisa kamu cat ulang dengan corak atau variasi warna yang menyesuaikan warna ruanganmu.

10. Bikin kotak bumbu dari toples bekas

kerajinan perabotan rumah

image via: cremedelacraft.com 

Punya banyak koleksi toples bekas tak terpakai? Sudah saatnya kamu berdayakan lagi menjadi kotak bumbu atau berbagai kebutuhan dapurmu. Kamu bisa memodifikasinya dengan mewarnai ulang dan memberi keterangan fungsi wadah tersebut. So, tak perlu lagi bingung atau lupa mencari bumbu, garam atau gula ada di mana deh.

 


June 10, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin