Inilah 5 Makanan Pelenyap Kalori dan Penurun Berat Badan!



berat badan

Image Via: Bembu.com

Urusan berat badan selalu menjadi topik yang populer dalam berita kebugaran di berbagai negara. Untuk menurunkan berat badan, kecepatan metabolisme tubuh juga harus ditingkatkan, salah satunya dengan berolahraga.

Cepat lambatnya metabolisme sendiri sebenarnya ditentukan oleh faktor genetis, fisik, usia, jenis kelamin, dan kondisi emosi Anda. Tenang, Anda tetap bisa mengupayakan penurunan berat badan, kok!

Berikut ini, kami punya info dari 5 jenis makanan pelenyap kalori yang berkhasiat untuk mempercepat metabolisme tubuh.

1. Cabai

Selama bertahun-tahun, berbagai studi telah menyatakan bahwa rempah-rempah tertentu sebenarnya dapat meningkatkan tingkat metabolisme dengan cara meningkatkan suhu tubuh, meskipun sejauh mana dan untuk berapa lama akan berdampak masih belum jelas.

Zat capsaicin adalah salah satunya, senyawa yang terdapat pada cabai ini dapat meningkatkan suhu tubuh, memicu produksi adrenalin dan meningkatkan metabolisme tubuh. Capsaicin juga diketahui dapat menekan rasa lapar.

2. Teh hijau

Selain dapat menjadi stimulan pembangkit energi, secangkir teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 4 persen. Maka, Anda bisa membakar kalori sekitar 60 kalori per harinya.

Teh yang kaya akan antioksidan ini dapat Anda jadikan sebagai minuman pendamping olahraga, dengan begitu kalori yang terbakar bisa lebih banyak.

3. Kayu manis

Kemampuan unik dari kayu manis yang dapat meniru aktivitas insulin dalam tubuh bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah dapat menjadi masalah karena bisa menyebabkan kelebihan lemak, jika semakin meningkat maka semakin sulit pula upaya seseorang untuk mempertahankan atau menurunkan berat badannya.

Untuk melancarkan upaya itu, kayu manis akan mengatur kadar gula darah dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Berkat gula darah yang stabil, Anda tak lagi mengalami sindrom lapar setelah makan.

 4. Jahe

Selama berabad-abad, jahe telah digunakan sebagai bahan makanan sekaligus pengobatan. Dengan antioksidan yang tinggi, jahe menawarkan manfaat kesehatan yang besar. Kandungan gingerol dan capsaicin dikenal dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori melalui 2 cara.

Pertama, dengan cara meningkatkan konsumsi oksigen pada otot. Kedua, meningkatkan asam laktat yang memicu produksi hormon pertumbuhan.  Meski begitu, kemampuan jahe juga tergantung pada banyak faktor, seperti pola makan, olahraga, dan persentase lemak tubuh seseorang.

5. Selai kacang

Kenyataannya, tubuh manusia membutuhkan lemak yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh serta otak, dan lemak yang seperti itu ada pada selai kacang. Selai kacang memang tak dapat membakar kelebihan lemak tubuh, namun lemak sehat ini dapat membantu upaya penurunan berat badan yang diimbangi dengan diet dan olahraga.

The Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa selai kacang juga kaya magnesium, mineral yang mengendalikan metabolisme dengan cara menyebarkan energi pada sel-sel tubuh, serta setengah dari kandungan lemak dalam selai kacang merupakan sumber protein dan serat.


February 26, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin