Ingin Awet Muda? Begini Cara Mewujudkannya



awet muda

Pertambahan usia kerap memengaruhi kondisi fisik setiap orang. Tanpa disadari, awet muda kini jadi pencapaian tersendiri bagi mayoritas kaum urban. Namun, kita tidak bisa menghindari penuaan karena faktor umur, tapi setidaknya kita bisa mempelambat penuaan. Beberapa hal ini perlu diperhatikan agar penampilan lebih segar dan berbeda dari usia sebenarnya.

1. Kesehatan mental

Wejangan zaman dulu tentang larangan marah agar tidak cepat tua ternyata terbukti dalam dunia kesehatan. Deepak Chopra, M. D., seorang ahli psikologis spiritual menemukan kaitan antara pikiran dan kesehatan. Menurut penelitiannya, stres, depresi, perasaan cemas, hingga kesedihan yang terus menerus akan mempercepat proses penuaan, memperlemah kesehatan mental, emosional hingga kesehatan fisik.

2. Biasakan pola makan sehat

Pola makan yang cenderung sembarangan dan tidak sehat, apalagi mengadung radikal bebas akan meningkatkan oksidatif tubuh. Dampaknya mulai dari meningkatnya kemunculan kerutan di wajah, kerusakan kulit hingga kanker.

Maka, sebaiknya biasakanlah memiliki pola makan sehat dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Sehingga upaya mewujudkan wajah yang awet muda jadi lebih efektif.

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan.

 3. Pola tidur teratur

Pola tidur yang ideal akan meremajakan kulit. Kuantitas tidur yang cukup untuk orang dewasa berkisar antara 6–8 jam per hari. Berdasarkan riset dari Universitas Medis Chicago, mempersingkat durasi tidur Anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin Anda kurang dari 1 minggu. Dampak kurang istirahat juga akan berakibat munculnya lingkaran hitam pada mata dan berlanjut ke menurunnya kesehatan.

4. Hentikan konsumsi alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok merupakan penyuplai radikal bebas dalam tubuh. Menurut Dr. Elizabeth Tanzi, seorang dokter kulit di Washington Institute of Dermatologic Surgery Laser dan George Washington University Medical Center, menjelaskan bahwa selain beragam penyakit, merokok mampu membuat seseorang terlihat lebih tua. Konsumsi rokok dan alkohol memunculkan keriput dan kehilangan elastisitas pada kulit. Dampak jangka panjangnya akan merusak organ paru-paru dan ginjal.

 


March 5, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin