Ikan ini Setara dengan Harga Mobil ‘Alphard’ di Indonesia



 ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) dan ikan tuna sirip biru (tuna bluefin)

image via: thecoraltriangle.com

Sebagai negara kepulauan dengan dominasi wilayah perairan, Indonesia menyimpan potensi kekayaan laut yang luar biasa.

Tidak heran jika nelayan lokal hingga luar negeri berbondong-bondong mencari hasil laut Indonesia yang melimpah, salah satunya ikan.

Jenis ikan yang menjadi primadona di lautan Indonesia diantaranya adalah ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) dan ikan tuna sirip biru (tuna bluefin).

Terpilihnya jenis ikan tersebut karena rasanya yang sangat lezat, terlebih jika disajikan secara fresh. Selain itu juga harga per-ekornya sanggup membuat pembelinya merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk ikan tuna sirip biru harganya mencapai Rp 100 ribu – Rp 200 ribu per kilogramnya (Kg). Dengan bobot ideal tuna biru kisaran 100 Kg – 300 Kg, maka total harga per-ekornya sanggup menembus harga ratusan juta higga milayaran rupiah.

Namun, harganya akan sangat merosot berkisar Rp 10 ribu – Rp 25 ribu per Kg-nya jika tidak lagi dalam keadaan segar dan dibekukan atau frozen.

Sedangkan untuk jenis ikan tuna sirip kuning yang setinggi manusia ditaksir mampu menembus harga yang senilai dengan mobil mewah jenis Alphard.

Begitu eksklusifnya harga dua jenis tuna ini tidak membuatnya kehilangan pembeli. Dikenal sebagai negara penggemar ikan, Jepang biasa mengonsumsi ikan tuna sirip biru secara mentah dan diolah menjadi makanan sashimi.

Selain rasanya yang lebih lezat jika disajikan mentah, kandungan protein yang tinggi pada ikan tuna sirip biru dipercaya meningkatkan vitalitas oleh warga Jepang.

Sedangkan distribusi tuna sirip kuning Indonesia sendiri sudah menyebar ke berbagai negara, mulai dari Jepang, Taiwan, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.


April 20, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin