Hindari Makanan yang Menurunkan Kecerdasan Ini



makanan yang menurunkan kecerdasan

image via: docakilah.wordpress.com

Makanan merupakan asupan utama dan penting bagi kebutuhan tubuh. Untuk itu, sudah semestinya Anda memberikan asupan yang baik demi kelangsungan hidup Anda.

Mengonsumsi beragam makanan lezat dan gurih guna memanjakan lidah sah-sah saja, apalagi hal itu membuat Anda gembira. Namun, bila konsumsi makanan seperti itu sering dilakukan tentu akan menimbulkan dampak yang krusial bagi kesehatan organ tubuh Anda.  Performa tubuh hingga kemampuan otak bisa menurun karena kebiasaan itu. Anda perlu nutrisi dan gizi seimbang bila ingin memiliki kualitas hidup yang baik.

Berikut adalah ulasan tentang ragam makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang supaya kesehatan terjaga.

1. Junk food

Berdasarkan studi yang dirilis oleh University of Montreal, makanan siap saji alias junk food dengan kandungan lemak berlebih dapat mengubah susunan kimia otak.

Junk food memberikan efek gejala kemunduran (withdrawal) ketika berhenti mengkonsumsinya, sehingga sering menimbulkan efek gelisah dan depresi.

2. Makanan berkadar gula tinggi

Merujuk pada laman kesehatan yang dikelola oleh  Dr. Mercola, makanan dengan rasa manis seperti pada kandungan fruktosa mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang.

Makanan manis yang dikonsumsi dalam jangka panjang dapat mempengaruhi susunan saraf dan kemampuan ingatan seseorang.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng sebagian besar mengandung unsur lemak jenuh dan kolesterol.

Berdasarkan penelitian Martha Clare Morris, ScD dari Rush University,  lemak jenuh dalam makanan yang digoreng inilah yang merusak saluran darah ke otak.

Hal tersebut memiliki efek samping lainnya yaitu risiko hiperaktif, baik pada usia dewasa maupun anak-anak. Salah satu jenis minyak yang cukup berbahaya dan perlu dihindari seperti minyak bunga matahari.

4. Makanan setengah masak

Makanan yang dikenal juga sebagai makanan pre cooked juga dipercaya mempengaruhi sistem saraf pusat.

Penurunan  fungsi otak yang berujung penyakit alzheimer menjadi ancaman dalam jangka panjang konsumsi makanan setengah masak.

5. Makanan sangat asin

Efek berlebihan pada makanan asin yang memiliki kandungan sodium/natrium menimbulkan efek kecanduan layaknya nikotin dan narkoba.

Tahun 2011, Canadian Study meneliti 12 ribu orang dewasa dengan fungsi otak normal untuk melakukan diet sodium pada garam.

Hasilnya, konsumsi garam berlebih mampu menurunkan kemampuan berpikir dan fungsi kognitif.

 

Yuk, lebih bijak dalam memberikan asupan bagi tubuh.


March 1, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin