Hari UKM Nasional Ajak Masyarakat Bela dan Beli Produk UKM



poster ukm

Tau enggak sih berdasarkan gelaran Working Group Pendampingan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) dan Asosiasi Bussiness Development Service Indonesia (ABDSI): Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendampingan Ke-2 (TNP) di Yogyakarta pada 25 – 26 Mei 2016, para sobat dan pegiat UKM kini punya hari spesial nih. Pasalnya terhitung tahun ini, tanggal 12 Agustus ditetapkan sebagai Hari UKM Nasional.

Nah, di Kongres UMKM itu turut hadir petinggi negara hingga para pegiat UKM Indonesia, dan menghasilkan beberapa dokumen lengkap. Hasilnya yaitu  (1) Piagam Yogyakarta, (2) Deklarasi Hari UMKM, (3) Deklarasi Kode Etik Pendamping dan (4) Tri Dharma UMKM.

Penetapan Hari UKM Nasional di Kongres UMKM Yogyakarta juga ditandai dengan penandatanganan oleh 15 orang deklarator dari lembaga pendamping dan perwakilan peserta dari seluruh Indonesia.

Tanggal 12 Agustus  dipilih bersamaan dengan kelahiran Wakil Presiden Indonesia pertama, yaitu Mohammad Hatta yang dinilai konsisten dan berjasa memperjuangkan sistem ekonomi kerakyatan.

Karena turut melibatkan nama Mohammad Hatta, perwakilan dari Kongres Nasional UMKM juga melakukan kunjungan ke kediaman Ibu Meutia Hatta (putri Moh.Hatta) untuk melakukan ramah tamah dan menyampaikan hasil kongres dan penetapan hari UMKM Nasional.

Sebagai anak kandung Moh. Hatta yang juga pernah berkontribusi bagi pemerintahan Indonesia, Ibu Meutia Hatta mendukung sepenuhnya tanggal kelahiran almarhum ayahandanya dijadikan Hari UKM Nasional.

Enggak heran kalau Bung Hatta dikaitkan dengan UKM Indonesia sih. Soalnya, ekonomi kerakyatan yang merupakan ruh dari Koperasi dan UKM memang pertama kali diusung oleh beliau dengan mengandalkan kebersamaan dan kekeluargaan. Sistem tersebut dianggap tepat untuk masyarakat Indonesia yang gemar bergotong royong, sehingga diterima dan terus langgeng hingga kini.

Misi yang diusung lewat peringatan Hari UKM Nasional perdana ini adalah Kampanye bulan Agustus sebagai ‘Bulan UMKM dengan aksi ‘Bela+Beli Produk UMKM’ dan bertemakan “UMKM Kuat, Bangsa Berdaulat”.

Tetapi perlu diingat nih, Hari UKM Nasional adalah hari kerja, bukan libur nasional. Dengan tetap beraktifitas normal seperti biasa di Hari UKM Nasional para pegiat UKM bisa lebih menunjukkan kinerjanya dan produktifitasnya kan.

Maju Terus UKM Indonesia !!

 


August 12, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin