Garpu Elektrik Pemberi Rasa Asin, Solusi Diet Garam Bagi Penderita Hipertensi



Garpu Elektrik Pemberi Rasa Asin

image via: stockphotosforfree.com

Tahukah kamu, rasa asin ternyata mendominasi dalam banyak cita rasa makanan di dunia? Jika tidak berhati-hati, konsumsi makanan asin secara berlebihan dapat memperberat kerja ginjal yang berujung pada penyakit tekanan darah tinggi.

Kecenderungan seseorang untuk mengonsumsi garam berlebih inilah yang menginspirasi peneliti untuk menciptakan makanan yang lebih baik.

Hiromi Nakamura, seorang ilmuwan dari Rekimoto Lab, Interfaculty Initiative in Information Studies, Universitas Tokyo, berinovasi dengan temuan prototipe garpu elektriknya.

Selain berfungsi sebagai salah satu peralatan makan, garpu elektrik ciptaan Hiromi Nakamura mampu memberikan sensasi rasa asin pada indra pengecap seseorang.

prototipe garpu listrik rasa garam (Nikkei Technology)

Varian rasa yang muncul mulai dari rasa asin, asam, hingga payau pada garpu elektrik berasal dari pengaplikasian tes listrik pada sel perasa di lidah yang terbukti menghasilkan rasa. Rupa alatnya berupa pegangan garpu berisi baterai isi ulang dengan sirkuit elektrik khusus.

Sedangkan rasa asin didapat dengan memencet tombol pada pegangan garpu berisi makanan sembari memasukkannya ke dalam mulut.

Kemudian, listrik yang mengalir akan menstimulasi sel perasa di lidah untuk mendapatkan sensasi rasa asin. Kadar rasa asin bervariasi, bergantung kepada kebiasaan makan, usia, dan sebagainya.

Belum cukup sampai di situ, garpu elektrik menawarkan teknologi tiga tingkat rasa asin. Meskipun masih berupa prototipe yang masih memerlukan pengembangan, produk ini sudah dirilis dengan harga 2000 yen (berkisar Rp 2,3 juta).

Berdasarkan laman Japan Today, berkat temuan ajaib ini, para pakar ternyata mendapati bahwa rempah-rempah seperti lada dan bawang putih juga memudahkan munculnya rasa asin.


April 29, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin