Cara Sukses Bekerja Nyaman, Efektif dan Produktif di Rumah



 

bekerja di rumah

Image via: Techdivamedia.com

Pesatnya perkembangan teknologi telah membuka banyak alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Tapi tahukah Anda bahwa bekerja di rumah juga memberikan tantangan tersendiri jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatur waktu dan menghadapi gangguan.

Inilah yang harus Anda lakukan bila ingin sukses menghadapi segala tantangan itu.

Miliki satu area khusus bekerja

Lisa Kanarek, ahli dekorasi, penulis sekaligus pendiri workingnaked.com, menyarankan Anda agar menentukan tempat khusus untuk bekerja. Di situ Anda dapat menyimpan semua dokumen, bahan referensi serta persediaan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Supaya konsentrasi terjaga, Shawn Mason Spence, sang penulis The Work From Home Bibble, menyarankan agar tv dan kasur tidak berada dalam satu ruangan kerja. Menurutnya, efisiensi, kenyamanan dan konsentrasi kerja maksimal bisa didapatkan apabila seseorang dapat memastikan lingkungan kerjanya dengan benar.

Karena itu, sebuah area khusus menjadi sedemikian penting untuk dimiliki dan membentuk mindset bahwa Anda harus bekerja saat memasuki ruangan itu.

Atur dan patuhi jam kerja

Di manapun, pekerjaan yang terorganisisr dengan baik adalah kuncinya. Menurut Holly Reisem Hana, blogger kenamaan dan pendiri The Work at Home Woman, walau bekerja di rumah, bukan berarti Anda bisa semena-mena membiarkan waktu Anda ‘tergerus’ sia-sia.

Anda harus mampu membuat sistem pengarsipan yang baik serta jadwal kegiatan yang terorganisir dan konsisten. Dengan begitu Anda bisa terus berada di ‘jalur’ kerja yang benar.

‘Akrab’ dengan perangkat komputer atau laptop

Karena sebagian besar pekerjaan dilakukan melalui komputer atau laptop, maka sudah semestinya Anda memahami perangkat tersebut, atau dengan kata lain ‘be computer savvy’. Pemahaman ini akan membuat pekerjaan Anda berjalan efektif.

Dalam kondisi tertentu, Anda tahu harus berbuat apa bila ada aplikasi atau software yang perlu diperbaharui, misalnya saat koneksi internet tiba-tiba terputus, dan lain sebagainya. Dengan begitu akan selalu dapat memastikan si komputer bisa berjalan lancar.

Tangguh menghadapi gangguan

Sosial media, isi kulkas, tayangan TV atau kasur yang nyaman seolah punya gaya gravitasi tersendiri bagi para pekerja rumahan. Dorongan menuju ke sana selalu muncul tiap kali momen ‘pikiran mentok’ datang. Blogger dan Solopreneur, Kelly McCausey, menyarankan Anda untuk melatih diri agar terbiasa tahan dari ‘gravitasi yang melenakan’ ini. Menurutnya, bila terampil melatih diri, akan tiba saat di mana ketangguhan tersebut datang, menjadikan Anda untuk segera mencari jalan keluar dari setiap kemandekan yang muncul.


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin