Cara Jitu Mengingat Segala Hal yang Telah Dipelajari



mengingat

Kemampuan Anda untuk belajar adalah suatu prediktor besar terhadap kesuksesan dalam hidup. Tingginya minat belajar pun tak bisa dijadikan satu-satunya modal, karena masih ada hal yang perlu dimiliki untuk mengiringi proses pembelajaran dan menunjang efektivitas belajar, salah satunya adalah kemampuan mengingat yang baik.

Henry Roediger dan Mark McDaniel, psikolog dari Washington University dan penulis Make It Stick: The Science Of Successful Learning, punya 3 tips jitu untuk mengingat pelajaran dan menguasai hampir semua hal yang telah Anda pelajari, caranya sebagai berikut:

1. Terus berusaha untuk mengingat

“Pembelajaran terbaik adalah saat Anda mengalami kesulitan dalam prosesnya,” kata Roediger and McDaniel.  Ini sama halnya bila Anda berlatih angkat berat, semakin berat dari batas kemampuan memungkinkan otot Anda menjadi lebih kuat.

Begitu juga ketika Anda memaksakan diri untuk mengingat sesuatu, maka kemampuan belajar Anda pun akan mengalami peningkatan. Ya, kelihatannya sederhana namun memang tak mudah. Tapi, Anda sebaiknya mengambil keuntungan dari hal ini.

2. Hubungkan hal baru dengan pengalaman pembelajaran sebelumnya

Cara ini juga disebut sebagai merinci dan mengelaborasi antara kejadian atau pengalaman terbaru dengan yang telah Anda lalui. Latih otak Anda untuk lebih banyak membangun koneksi seperti itu sesering mungkin. Hal ini efektif membantu Anda mengingat materi dan teknik bekerja secara lebih baik.

3. Refleksikan pekerjaan di penghujung hari

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Business School dinyatakan bahwa, seorang karyawan yang rutin menggunakan 15 menitnya untuk merefleksikan pekerjaan mereka sebelum istirahat tidur atau menjelang malam dapat memiliki kinerja 22,8% lebih tinggi dari mereka yang tidak melakukannya.

Ada buah pembelajaran yang dapat diambil saat Anda merefleksikan aktivitas keseharian.

Ketika seseorang memiliki kesempatan untuk merefleksikan diri, ia akan mengalami sebuah dorongan untuk merasa lebih percaya diri menggapai hal yang ia inginkan. Lalu akan terjadi peningkatan upaya dalam dirinya,” jelas Francesca Gino, profesor di Harvard Business School.


February 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin