Bubur Palopo, Sajian Nusantara Khas Masyarakat Taliwang Sumbawa



Jika bubur selama ini dikenal berbahan dasar beras atau nasi yang dilunakkan, kini ada jenis bubur unik dan bernilai gizi sangat tinggi, yaitu bubur palopo.

Bubur palopo merupakan penganan khas dari masyarakat Taliwang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar dari susu segar kerbau. Sedangkan, nama bubur palopo sendiri memiliki arti bubur kerbau.

Penganan ini sudah sangat bersejarah di daerah asalnya karena tetap bertahan dari generasi ke generasi.

Proses pembuatannya pun cukup sederhana, susu kerbau segar yang baru diperah kemudian dicampur dengan gula merah bersama air rebusan terong kuning.

Seluruh bahan yang telah tercampur dibiarkan mengental menjadi adonan, kemudian dimasukkan ke dalam wadah untuk dikukus selama setengah jam. Setelah itu, bubur palopo siap disantap baik dalam keadaan hangat atupun dingin.

 

Image via: jagamineproject

 

Ibu Penjual Bubur Palopo – image via jagamineproject

Walaupun bentuk dan tampilannya terkesan biasa, ternyata bubur palopo menyimpan kandungan gizi tinggi. Tidak heran jika penganan ini juga akrab untuk memulihkan stamina dan menambah vitalitas.

Selain itu bubur palopo yang memiliki rasa khas hasil dari fermentasi juga dijajakan dengan harga bersahabat bagi para pencicipnya, yaitu berkisar lima ribu rupiah per mangkoknya.

 

 


April 23, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin