Inilah Beberapa Penyakit yang Tidak Membutuhkan Antibiotik!



Penyakit yang Tidak membutuhkan Antibiotik

Image Courtesy: Umanitoba.ca

Anda harus mengetahui apakah penyakit yang sedang Anda alami memang membutuhkan penanganan dengan antibiotik atau tidak sama sekali. Jika selama ini Anda cenderung mengonsumsinya, mulai sekarang sebaiknya lebih berhati-hati, karena faktanya ada beberapa penyakit yang tidak membutuhkan antibiotik.

Alexander Fleming, penemu penisilin – salah satu jenis antibiotik – mengingatkan bahwa penyalahgunaan obat atau dosis rutin menyebabkan resistensi bakteri terhadap obat tersebut. Penggunaan antibiotik yang salah justru akan merugikan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit. Sedangkan penggunaan yang tepat sebaiknya bila penyakit tersebut telah melewati keadaan normalnya, dan tentunya harus disertai dengan anjuran dokter.

Seperti dilansir dalam cheatsheet.com, inilah berbagai jenis penyakit yang sebetulnya tak terlalu membutuhkan bantuan antibiotik.

Infeksi telinga

Infeksi telinga umumnya terjadi pada anak-anak.  Tetapi jangan terburu-buru menggunakan antibiotik. Penyakit ini mampu sembuh dengan sendirinya dalam dua atau tiga hari, apalagi pada anak-anak usia dua tahun atau lebih. Pergunakan antibiotik bila infeksi telinga disertai rasa nyeri tak tertahankan.

Eksim

Eksim lebih efektif ditangani dengan melembabkan kulit dan menghindari adanya iritasi. Penggunaan antibiotik biasanya saat adanya infeksi bakteri seperti benjolan atau luka bernanah, dengan warna kulit sangat merah disertai panas demam.

Mata merah

Penyakit ini perlu ditelusuri dulu penyebabnya, apakah dari bakteri, virus atau alergi. Mata merah yang disebabkan bakteri akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Antibiotik boleh digunakan saat mata merah ini sudah menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Infeksi  pernapasan

Perlu kita sadari, bahwa penyakit flu, batuk dan gangguan pernapasan lain lebih disebabkan oleh virus, sehingga tidak membutuhkan antibiotik. Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan bakteri dan berlangsung lebih dari 10 hari, penggunaan antibiotik disarankan.

Infeksi sinus

Kebanyakan sinusitis disebabkan oleh virus, bukan bakteri.  Jika bakteri yang jadi penyebabnya, biasanya infeksi dapat menghilang sekitar satu minggu. Antibiotik dapat digunakan jika gejalanya semakin parah dan tidak membaik dalam 10 hari.

Setelah mengetahui beberapa penyakit yang tidak membutuhkan antibiotik, semoga Anda lebih bijaksana mengonsumsinya demi kebaikan seluruh sistem imun Anda.


February 17, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin