Inilah Ganjaran Manfaat dan Kenikmatan dari Hobi Membaca!



manfaat dari kebiasaan membaca

image via: unsplash.com

Kehidupan tanpa buku bagaikan tubuh tanpa jiwa. Itulah yang dikatakan oleh seorang negarawan Romawi kuno, Marcus Tullius Cicero, untuk menekankan betapa pentingnya membaca buku bagi kehidupan dan peradaban manusia.

So, bagi kamu yang punya kegemaran membaca patutlah berbahagia. Karena, selain mendapat ilmu pengetahuan dan berpartisipasi dalam peradaban, kamu juga diganjar manfaat dan kenikmatan langsung dari hobi membaca.

Dikutip dari laman Huffingtonpost, berikut keuntungan yang kamu terima dari kegemaran membaca.

Membaca membuat pikiran lebih tenang dan santai

Saat stres melanda ada baiknya sediakan waktu untuk membaca beberapa buku fiksi atau novel agar kamu merasa lebih santai. Karena, cara tersebut berhasil dibuktikan berdasarkan penelitian dari University of Sussex di Brighton, Inggris.

Hebatnya lagi, riset tersebut juga membuktikan bahwa membaca terbukti lebih ampuh menghilangkan stres dibandingkan cara lainnya seperti mendengarkan musik, minum secangkir teh atau kopi dan berjalan-jalan.

Menjaga performa otak agar tetap baik

Kebiasaan membaca juga membawa dampak baik dalam jangka panjang yaitu menjaga performa otak.

Sebuah penelitian dari Journal Neurology merilis temuannya secara online bahwa rutinitas membaca dalam waktu yang lama dapat menjaga performa baik otak, bahkan saat memasuki usia tua.

Penelitian dilakukan dengan menyertakan 294 peserta yang meninggal pada rata-rata usia 89 tahun. Hasilnya, mereka yang membiasakan diri membaca sejak lama mengalami penurunan memori lebih lambat jika dibandingkan dengan yang jarang sekali membaca.

Mencegah penyakit Alzheimer

Tahun 2001, National Academy of Sciences mengumumkan riset tentang keterkaitan antara membaca dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Riset yang dipublikasikan melalui USA Today mengungkapkan bahwa orang dewasa yang memiliki hobi mengasah otaknya dengan membaca memiliki peluang lebih kecil terkena Alzheimer.

Membantu tidur lebih baik

Beberapa ahli dan pakar mengenai aktifitas tidur menyarankan membaca sebelum tidur.

Membaca dapat merelaksasikan tubuh karena mampu menurunkan perasaan cemas dan stress. Jika dilakukan sebelum tidur, perasaan akan merasa tenang, serta mata dan tubuh kamu lebih siap untuk beristirahat.

Meningkatkan rasa empati

Buku bacaan yang berisi cerita fiksi ternyata cukup baik untuk meingkatkan empati seseorang.

Penelitian jurnal online bernama PLOS ONE menjelaskan bahwa peningkatan empati dapat terjadi saat seseorang terbawa oleh alur cerita dalam buku fiksi.

Penelitian dilakukan dengan memberikan bacaan dari buku fiksi karya Arthur Conan Doyle dan Jose Saramargo selama seminggu. Hasilnya, keterampilan empati pembaca bertambah setelah membaca dua karya penulis ternama tersebut.

Meringankan depresi

Kebiasaan membaca juga mampu menyembuhkan beberapa gangguan psikologis seperti depresi. Studi yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE merilis terapi depresi dengan salah satu jenis buku bernama self-help books atau Bibilotherapy (buku terapi kejiwaan) bersama sesi dukungan moral membantu meringankan pasien depresi.


May 16, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin