Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade



 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: menshealth.com

Saat ini, pomade merupakan syarat umum penunjang penampilan rambut laki-laki yang menyenangi gaya rambut Rockabilly. Tren pesolek rambut yang berawal dari budaya custom culture di Amerika pada tahun 1950-an ini kembali booming sejak 2008-an hingga sekarang. Rambut yang ditata dengan menggunakan pomade akan memberikan kesan rapi, bersih, dan gentle pada pemakainya.

Sayangnya, para pemakainya cenderung minim pengetahuan mengenai karakteristik pomade yang sesuai.

Berbeda jenis rambut, tentunya berbeda juga karakteristik pomade yang diperlukan. Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemakai pomade:

1. Perhatikan kondisi rambut

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: mademan.com

Pada bagian ini, pemeliharan kesehatan rambut sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada dampak setelah pemakaian pomade sendiri.

Munculnya serbuk putih di rambut saat memakai pomade dapat disebabkan karena faktor kesehatan rambut, hingga kurang pengetahuan tentang pemakaian pomade dan perawatannya.

Untuk jenis pomade water base, sebaiknya gunakan pada saat keadaan rambut setengah lembab, sedangkan jenis oil base digunakan pada saat kondisi rambut kering.

2. Perhatikan aktivitas

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: mensxp.com

Jenis pomade ternyata juga berpengaruh terhadap aktivitas Anda, baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

Untuk Anda yang aktif di dalam ruangan, pomade jenis water base akan lebih ramah dan sesuai.

Sedangkan pomade jenis oil base disesuaikan untuk Anda yang aktif di luar ruangan dengan berbagai aktifitas karena pomade ini lebih tahan lama untuk cuaca ekstrem atau panas.

Namun, daya tahan yang dimiliki oleh pomade jenis oil base juga berdampak pada saat proses pembersihannya. Usahakan lakukan keramas sebersih mungkin jika tidak ingin pomade ini masih berbekas di rambut Anda.

3. Perhatikan jenis sisir

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: findhealthtips.com

Penggunaan jenis sisir yang tepat adalah kunci penataan jenis rambut yang sukses pasca pemakaian pomade.

Penggunaan jenis sisir rambut bergigi rapat terbukti ampuh menata rambut Anda secara maksimal.

4. Gunakan pomade secukupnya

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: gq.com

Tidak ada takaran yang khusus untuk penggunaan pomade yang baik. Tetapi, saran terbaik adalah berikan pomade pada rambut sedikit demi sedikit. Penambahan dilakukan sesuai kebutuhan akan tekstur rambut yang diinginkan.

Untuk permulaan pemakaian, ambil sedikit pomade (sekitar satu colekan jari tengah). Kemudian disebarkan ke bagian lainnya agar pomade tersebar merata ke seluruh bagian rambut.

5. Pastikan pomade tersebar merata ke seluruh rambut

 

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Pemakai Pomade

image via: gq.com

Ini yang sering kali jadi permasalahan penampilan Anda saat menggunakan pomade. Tidak meratanya pomade ke seluruh rambut kerap menimbulkan beberapa masalah, seperti penggumpalan pomade hingga rambut yang tidak tertata maksimal. 

Cara yang baik agar pomade tersebar merata ke seluruh rambut adalah dengan memijat rambut yang sudah tercampur pomade (seperti pada saat keramas). Kemudian, setelah terasa merata, lakukan gerakan seluruh jari seperti sisir dengan menarik ke atas (seperti membuat gaya rambut spike). Lakukan gerakan tersebut dari bagian bawah hingga atas rambut).

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pomade agar tersebar merata dari bawah hingga ujung rambut.


April 5, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin