Miniatur Painting, Seni Lukis Indah Seukuran Koin



lukisan mini

Keterbatasan memang tidak seharusnya membatasi seseorang untuk terus berkarya. Nyatanya, I Wayan Gd Smara Pradipta atau dikenal dengan panggilan Ara berhasil membuktikan lewat 400 karya lukisan mini (miniature painting) yang begitu indah.

Memutuskan untuk terus menggeluti hobinya sebagai pelukis dengan keterbatasan buta warna parsial (sebagian) menjadi tantangan tersendiri bagi Ara dalam setiap menciptakan karya-karyanya, terlebih untuk gambar dan pewarnaan berukuran mini seukuran uang koinan. Tetapi hal tersebut tidak mengurungkan kecintaannya terhadap seni lukis.

Bahkan, dulunya Ara tidak segan bertanya warna yang sedang dilihatnya kepada temannya. Kini, kehadiran teknologi aplikasi idetifikasi warna di ponsel telah memudahkannya berkarya.

Pria kelahiran 26 tahun silam ini telah membuat beragam objek, mulai dari gunting, pohon, hingga bentuk-bentuk rumit seperti planet Bumi, kapal bajak laut hingga lukisan terkenal Vincent van Gogh, Starry Night dan Scream sejak tahun 2014 silam.

Pengalaman demi pengalaman mengasah dan menempa dirinya untuk menciptakan berbagai lukisan mini yang indah, lengkap dengan detail gambar dan warna yang menawan.

Apresiasi pun selalu mengalir deras ketika Ara mulai mengunggah karya-karyanya tersebut lewat akun instagram pribadinya @talkingtothewalls.

Ara menganggap komentar dan kritik dari para pengunjung dan pengamat terhadap karya-karyanya di instagram membantunya memperbaiki kesalahan-kesalahan di lukisan sebelumnya.

Meskipun sudah populer dan menuai banyak pujian, sampai saat ini Ara belum berminat untuk mengkomersilkan karya-karya kepada publik.Penasaran dengan bentuknya?  Inilah beberapa karya lukisan mungil nan indah dari Ara.

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

lukisan mini

Main image: instagram @talkingtothewalls

 


April 25, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin