5 Negara Dengan Durasi Puasa Terlama! Kalau Kamu Tinggal Di Sana, Kuat Nggak Ya Jalani Ibadah Puasanya?



negara dengan puasa terlama

image via: boston.com

Aturan berpuasa dalam ajaran agama Islam sebenarnya sama, yaitu dari waktu subuh hingga maghrib. Tetapi bukan berarti durasi berpuasa setiap negara sama seperti Indonesia selama 13 jam.

Perbedaan letak geografis membuat setiap negara bukan hanya mengalami perbedaan waktu dan musim, tetapi juga lamanya waktu siang dan malam.

Belahan bumi bagian tertentu seperti negara-negara Eropa Utara yang dekat dengan Kutub Utara mengalami nasib unik, Islandia salah satunya.

Saat memasuki musim panas pada periode Maret sampai September, negara ini bisa mengalami siang hampir seharian penuh lho.

Apa yang terjadi pada penduduk muslim Islandia jika periode musim panas tersebut bertepatan bulan Ramadhan?

Cerita dari salah satu negara Eropa Utara tersebut menjadi pembuka dari rangkaian kisah dari negara-negara dengan waktu puasa terlama berikut ini.

1. Islandia

negara dengan puasa terlama

image via: pixabay.com

Tahun ini, Bulan Ramadhan akan datang bersamaan dengan musim panas di Islandia. Dampaknya, sekitar 770 penduduk muslim yang berada di Islandia harus bersabar menunggu waktu berbuka hingga 22 jam.

Misalnya Kota Reykjavik yang menjadi basis penduduk Muslim di Islandia berbuka pada pukul 23.48 malam waktu setempat dan harus segera menyelesaikan waktu sahurnya dua jam kemudian atau pukul 02.08 pagi waktu setempat.

Berdasarkan rangkuman dari laman dailysabah.com, ada dua macam fatwa yang menetapkan durasi berpuasa penduduk Islandia.

Golongan pertama mengikuti fatwa atau ketetapan dari Council of Europe dengan berpuasa selama 22 jam. Golongan kedua mengikuti fatwa dari Ezher yang memendekkan waktu berpuasa dengan berbuka pada pukul 21.00 malam waktu setempat.

2. Swedia

negara dengan puasa terlama

image via: pixabay.com

Senasib dengan Islandia, Bulan Mei sampai Juli menjadi siang yang panjang bagi negara Swedia.

Tahun ini, sekitar 500 ribu penduduk muslim di Swedia harus menunggu beduk berbuka sampai 20 jam lamanya.

Menurut rangkuman dari laman aljazeera.com, sebagian besar penduduk muslim di daerah Kiruna yang menjadi basis wilayah mayoritas penduduk muslim Swedia masih mengikuti waktu berpuasa berdasarkan ketetapan dari Council of Europe.

Sedangkan penduduk muslim lainnya juga ada yang berbuka puasa lebih cepat, atau di pukul 20.30 malam waktu setempat.

3. Alaska

negara dengan puasa terlama

image via: pixabay.com

Di Alaska, khususnya di Kota Anchorage yang menjadi basis mayoritas penduduk muslim masih mengikuti durasi bepuasa berdasarkan waktu lokal yaitu selama 20 jam. Tahun ini, mereka baru bisa menikmati santapan berbuka sekitar pukul 23.00 malam waktu setempat.

Sedangkan beberapa penduduk muslim lain juga ada yang mengikuti durasi berpuasa berdasarkan waktu Arab Saudi dengan berbuka pada pukul tujuh malam.

4. Jerman

Dari sumber pewresearch.org, Jerman punya basis penduduk muslim terbanyak di Eropa yaitu berjumlah sekitar 4,7 juta orang. Peringkat kedua penduduk muslim terbanyak berada di negara Prancis, sedangkan yang paling sedikit berada di negara Luxemburgo yang berkisar 10 ribu orang.

Nah tahun ini, mayoritas penduduk muslim Jerman yang kebanyakan dari Afrika dan Turki itu berpuasa hingga kisaran 19 jam lamanya.

5. Inggris

negara dengan puasa terlama

image via: pixabay.com

Tahun ini, negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak ketiga di Eropa ini (sekitar 2,9 juta orang), akan mengalami durasi berpuasa selama kisaran 19 jam lamanya.

Selain itu, berdasarkan data dari Pew, Inggris menjadi negara dengan pertumbuhan pemeluk Islam tercepat kedua di dunia. Sedangkan peringkat pertama pertumbuhan pemeluk Islam tercepat berada di negara India.

So, setelah tahu bagaimana lamanya berpuasa di bulan Ramadhan dari beberapa negara dengan puasa terlama tadi, semoga kamu gak lagi merasa berat untuk berpuasa selama 13 jam di Indonesia. Selamat berpuasa 🙂


June 6, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin