5 Makanan yang Bisa Membuatmu Merasa Kenyang Lebih Lama Selama Berpuasa



kenyang lebih lama selama puasa

image via: malayalamlive.co

Berpuasa di tengah padatnya aktifitas sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap umat muslim selama Ramadan.

Padatnya aktivitas itu tentu memicu rasa lelah disertai haus dan lapar. Nah, untuk mengurangi pemicu itu, ternyata ada pilihan menu makanan tertentu yang terbukti mampu membuat rasa kenyang dalam perutmu bertahan lebih lama.

Jadi, agar kamu selalu bersemangat menjalani puasa, pilihlah menu makanan yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. Yuk, lihat apa saja rekomendasi makanan yang pas banget tuk kamu santap saat sahur, supaya kamu nggak merasa cepat lapar saat berpuasa.

1. Nasi

kenyang lebih lama selama puasa

image via: merauke.go.id

Makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia ini ternyata bersifat mengenyangkan lho. Centers for Disease Control and Prevention dari Amerika Serikat merilis lewat jurnal onlinenya bahwa jenis beras terutama jenis beras coklat masuk ke dalam daftar makanan rendah kalori yang membuatmu terus merasa kenyang.

Kandungan karbohidrat kompleks pada nasi yang susah untuk dicerna membuat perasaan kenyang di perut bertahan lebih lama.

Tapi, jangan lupa batasi konsumsinya serta variasikan dengan menu tambahan lainnya yang sehat ya.

2. Oatmeal

kenyang lebih lama selama puasa

image via: livestrong.com

Menu bubur oatmeal juga menjadi rekomendasi tepat agar perut terasa kenyang lebih lama karena berasal dari biji-bijian.

Selain mengenyangkan, berdasarkan rilisan jurnal online dari blogs.scientificamerican.com yang merujuk pada penelitian dari Pennington Biomedical Research Center menjabarkan bahwa oatmeal juga bermanfaat mengurangi hasrat untuk makan berlebihan. Jadi, rekomendasi tersebut juga bisa diterapkan untuk keperluan diet yang sehat.

Bijian-bijian sebagai bahan dasar oatmeal mengandung serat yang tinggi. Hal tersebut berdampak pada proses pencernaan yang berlangsung lebih lama, sehingga kenyang pun akan bertahan lebih lama.

3. Pasta

kenyang lebih lama selama puasa

image via: food.ndtv.com

Mengonsumsi menu pasta gandum, ternyata cukup untuk menghindari makan berlebihan seharian.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pasta juga masuk ke dalam daftar bahan makanan yang aman dikonsumsi karena mengandung kalori yang rendah serta membuatmu tetap merasa kenyang

Pasta gandum terbukti sehat karena mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, pasta gandum juga mengandung protein tinggi yang baik dalam membentuk otot tubuh.

4. Telur

kenyang lebih lama selama puasa

image via: spirit.web.id

Selain karbohidrat, kandungan protein yang tinggi pada telur juga terbukti membantu kamu untuk kenyang lebih lama.

Hal tersebut dibuktikan dari penelitian terbaru dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, LA, di mana penderita obesitas yang makan telur selama sarapan akan butuh waktu lama untuk merasa lapar lagi.

5. Apel

kenyang lebih lama selama puasa

image via: acehlook.com

Menurut Debra Wein, selaku presiden dari Wellness Workday, kandungan serat fiber dan air pada buah apel juga ampuh tuk membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada apel memberikan manfaat bagi kesehatan dan daya tahan tubuhmu. Kombinasi serat dan vitamin akan membuat nafsu makanmu jadi tidak mudah datang lagi deh 🙂

 

 


June 13, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin