5 Keunikan dari Cara Minum Kopinya Orang Indonesia



cita rasa kopi indonesia - ukmmarket

Image via: Shutterstock

Menikmati secangkir kopi nampaknya terlihat biasa, namun budaya dan adat istiadat masing-masing daerah membuatnya jadi terlihat unik dan istimewa.

Di Indonesia, setiap kopi punya sensasi dan rasa yang berbeda, termasuk juga dari cara meminumnya. Inilah beberapa cara tradisional minum kopi yang menjadi bagian dari kekayaan tradisi negeri:

 1. Minum kopi dari tatakan gelas

cara minum kopi tradisional

image via: naskahkita.files.wordpress.com

Gaya minum kopi dengan menuangkan sedikit kopi ke bawah tatakan kopi menjadi tradisi lumrah yang sangat unik di Indonesia. Sering kali ditemukan di berbagai warung kopi dan ditemani ragam makanan ‘gorengan’ sebagai padanan pas menikmati kopi di pinggir jalan.

2. Minum kopi dari gelas terbalik (Kopi Walik)

cara tradisional minum kopi

image via: Resepkopihitam.blogspot.com

Masih memanfaatkan piring kecil yang fungsi awalnya sebagai wadah gelas atau cangkir berisi kopi. Kopi dinikmati dengan menerbalikkan gelas berisi kopi ke atas wadah gelas atau dikenal sebagai tatakan gelas.

Meskipun sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, tradisi minum kopi seperti ini berkembang dan terkenal di Aceh. Warga Aceh menyebut cara minum kopi seperti ini dengan nama Kopi Walik.

3. Minum kopi dengan dicampur dengan arang (Kopi Joss)

 

cara minum kopi tradisional

image via: blog.hulaa.com

Cara paling unik ini datang dari kota Yogyakarta. Kopi yang akan diminum terlebih dahulu dicampur dengan arang yang masih membara. Soal rasa, kopi arang ini konon memberikan rasa khas yang memikat dengan sensasi segar setelah meminumnya.

4. Kopi dengan campuran susu kental manis

cara minum kopi tradisional

image via: dimasdasa.blogspot.com

Jenis kopi ini akrab ditemukan di berbagai warung kopi pinggir jalan. Susu kental manis berfungsi menggantikan gula sebagai tambahan utama pada kopi.

5. Kopi Kawa Daun

cara minum kopi tradisional

image via: chef-ember.blogspot.com

Kopi Kawa Daun merupakan kopi khas Sumatra Barat yang terbuat dari seduhan daun tanaman kopi. Biasanya kawa daun disajikan menggunakan wadah batok kelapa untuk memberika sensasi yang khas ketika meminumnya.


April 1, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin