5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memutuskan Untuk Berkarir Sesuai Passion!



menjalani karir sesuai passion

Bekerja pada bidang yang kamu sukai adalah anugerah. Karena faktanya, pekerjaan apapun akan lebih banyak ‘memakan’ sebagian besar hidup kita.

Jadi, bersyukurlah bagi kamu yang telah menemukan tujuan hidup dan bisa menghabiskan sebagian besar waktu kamu di zona yang penuh gairah dan berkah. Hidup pun terasa lebih berarti karena aktivitas pekerjaan dilakukan sepenuh hati.

Namun, jangan hanya melihat sisi enaknya saja. Sebagian besar orang dengan aktivitas atau pekerjaan yang sesuai passion pastinya tidak meraih kesuksesan dengan cara mudah. Mereka juga harus mengatasi beragam tantangan sepanjang perjalanan meraih impian.

Nah, bagi kamu yang baru berkeinginan menjalani dan mengembangkan karir hidup sesuai passion, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini supaya supaya perjalananmu menggapai mimpi berlangsung hepi dan penuh solusi 🙂

1. Modal passion aja nggak cukup, kamu perlu bekal yang kuat untuk menerima segala konsekuensi yang kamu dapat selama mengejar impianmu!

kiat menjalani karir sesuai passion

Di sepanjang perjalanan, ada banyak hal yang bisa menggoda pilihanmu

Tak sedikit orang yang putus asa karena ‘bayangan’ ideal tentang passion ternyata tak semulus dengan keadaan sebenarnya.

Dalam perjalanan, akan ada banyak tantangan yang bisa membuatmu mempertanyakan pilihanmu. Kegagalan, penolakan dari orang lain atas gagasan atau karyamu dan minimnya dukungan adalah sedikit contoh dari berbagai hal yang dapat menggerogoti mentalmu.

Hal itu bisa membuatmu emosional, merasa lelah dan sendirian. Bisa juga menggodamu untuk menyerah bahkan membenci segala yang telah kamu perjuangkan.

Bukannya mau menakuti,  namun kesuksesan memang tidak begitu saja bisa didapatkan. Ada proses panjang yang perlu diterjang untuk sampai pada puncak keberhasilan. Karena itu, kamu butuh persiapan.

 

2. Sebelum memulai, ada baiknya kamu menyiapkan tabungan untuk mengantarkanmu pada karir impian.

coins-currency-investment-insurance-large

siapkan amunisi pendukung perjuanganmu

Saat passion sedang menggebu-gebu, rasanya ingin segera mengejar apa yang kita impikan. Apalagi bila kita memang sudah muak dengan pekerjaan yang dilakoni saat ini. Bener nggak? :p

Walau begitu, sebaiknya jangan terlalu emosional hingga salah ambil keputusan. Mengapa? Karena bagaimana pun, uang juga bisa berdampak pada mentalmu.

Sebelum memulai, kamu harus cermat memperhitungkan berapa banyak uang yang perlu kamu punya supaya hidupmu terjamin. Paling tidak, terjamin kala bisnis belum balik modal.

Maka, bila poin yang satu ini belum terpenuhi, sebaiknya jangan terburu-buru memperjuangkan passion. Lagi-lagi ini bukan soal menakuti atau menurunkan mental, tapi lebih kepada bagaimana cara kamu mempersiapkan diri agar lebih matang secara fisik maupun psikis.

Kalau disiapkan dengan baik, perjuanganmu pasti bakal berlangsung lebih asyik 😀

 

3. Lakukan riset dan buat rencana strategis. Dengan persiapan yang matang, kamu punya banyak kesempatan untuk berkembang.

riset dan rencana strategis

buka diri dan terus belajar untuk mewujudkan rencana besar

Iya sih passion itu berkah, tapi jangan mentang-mentang punya passion, kamu maen ‘terjun’ bebas aja ke bidang yang kamu suka. Lakukan riset dan buat rencana dulu, guys, kedua hal itu akan membantumu.

Melakukan riset mendalam penting banget dalam mendukung perjuanganmu. Dengan begitu, kamu jadi tahu bagaimana kondisi dan tren bidang bisnis atau profesi yang kamu ingin perjuangkan, bagaimana kondisi kantor idamanmu, cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan, berapa besar peluang serta risiko yang didapatkan, dan lain sebagainya.

Setelah melakukan riset dan analisis, kamu punya bekal berharga untuk membuat rencana strategis yang akan menopang setiap langkahmu menuju sukses.

Tanpa riset dan rencana strategis, kamu bagai orang yang tak tentu arah dan tujuan, yang besar kemungkinan malah akan meratapi kegagalan.

 

4. Biar dapat inspirasi dan nggak merasa sendirian, bergabunglah dengan berbagai komunitas yang sesuai. Koneksi akan memuluskan jalanmu mewujudkan mimpi dan ambisi

komunitas

Koneksi menjadikan perjuanganmu jadi lebih bersayap dan berenergi – image: resources.communify.com

Koneksi atau networking adalah cara terbaik untuk berbagi ide, inspirasi dan pengetahuan. Hal itu juga membantu kamu dalam melihat sesuatu dari perspektif berbeda, yang mungkin dapat memperbesar peluangmu mencapai kesuksesan.

Untuk memulainya, kamu bisa bergabung dengan forum yang sesuai passion-mu, lalu saling memberikan wawasan dan berkenalan dengan anggota-anggotanya.

Satu hal yang perlu kamu ingat, koneksi tidak hanya tentang bisnis. Tapi juga tentang bagaimana mengembangkan kemampuan berkomunikasi, interaksi dan silaturahmi. Lakukanlah secara tulus dan gembira, karena bantuan para koneksi bisa datang disaat yang tak kamu duga.

 

5. Ketekunan, keteguhan, kesungguhan dan kerja keras pasti akan mengantarkanmu ke tujuan yang kamu mau.

passion alam raya mendukung

alam raya siap mendukungmu

Ada proses panjang yang perlu diterjang untuk sampai pada puncak keberhasilan. Namun keteguhan dan keyakinan hati yang kuat merupakan ‘bahan bakar’ penting yang bisa mengantarkanmu pada kesuksesan.

Paulo Coelho, sang penulis novel The Alchemist berkata, “Saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersatu padu membantumu meraihnya!”

Kebisaan, keahlian dan kepiawaian adalah rentetan dari proses panjang yang diawali dari passion. So, buat persiapan yang strategis, semangat dan teruslah berkarya hingga ‘letupan’ keajaiban hasil kerja keras datang menghampirimu. 

 


June 14, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin