Gemar Membaca? Ini 5 Aplikasi Baca Terbaik Yang Anda Butuhkan



reading

Image via: kobo.com

Generasi cerdas dan terpelajar yang lahir dari minat baca yang tinggi. Untuk itu, para penggiat start up juga berupaya menciptakan aplikasi yang bisa menggugah minat baca masyarakat. Diharapkan, bermacam aplikasi baca dapat lebih mendekatkan sumber bacaan kepada masyarakat. Sehingga, dari minat baca yang tinggi, kualitas hidup pun akan semakin meningkat.

Aplikasi baca memungkinkan para pembaca buku dapat membaca buku kesukaan mereka melalui media elektronik. Cukup dengan sebuah aplikasi yang ada di ponsel pintar, maka pembaca tidak perlu menenteng buku kemana-mana. Sangat praktis, bukan?

Berikut 5 aplikasi baca terbaik yang bisa Anda download dari smartphone bebasis android dan ios. Semoga aplikasi ini semakin memberikan kemudahan akses ke berbagai ilmu pengetahuan yang Anda butuhkan.

MOCO

Ini adalah aplikasi social reading yang menggabungkan aktivitas membaca dengan fitur–fitur sosial. Di sini, para pengguna bisa saling berinteraksi, chatting, dan mem-follow satu sama lain berdasarkan kesamaan minat terhadap buku yang dibaca.

_20160516_095948

Aplikasi besutan Aksara Maya ini memanfaatkan tingginya angka pengguna media sosial di Indonesia. Diyakini, MOCO sebagai aplikasi social reading akan efektif menjembatani pemanfaatan media sosial sekaligus gerakan untuk menumbuhkan minat baca dan menulis.

Aplikasi MOCO sendiri dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android dan di Apple App Store untuk perangkat berbasis iOS.

 

iJakarta

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia, namanya iJakarta. Aplikasi ini diciptakan sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca dan menjadi bagian dari Jakarta Smart City, tujuannya agar masyarakat mudah mendapatkan buku yang berkualitas.

_20160516_095925

iJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi reader untuk membaca buku digital (ebook-reader) dan fitur media sosial. Aplikasi ini dapat diakses melalui berbagai perangkat keras (multi device) maupun perangkat lunak (multi platform), seperti android, iOS, Windows, baik online maupun offline.

 

Buqu

Malas ke Perpustakaan? Silakan Pinjam Buku di Ponsel via BuquLib.

Buqu adalah platform yang menyediakan penyewaan buku secara digital. Berbagai katalog dapat pembaca nikmati, mulai dari buku universitas hingga buku masak-memasak.

_20160516_095903

Pengguna cukup mendaftar dan membeli token melalui transfer bank. Satu token harganya Rp. 3000 dan biaa digunakan untuk satu kali peminjaman dengan durasi yang berbeda-beda sesuai ketentuan.

 

SCOOP Newsstand

SCOOP adalah aplikasi e-reading asal Indonesia yang memungkinkan pengguna untuk men-download dan membaca majalah pada perangkat ponsel pintarnya.

_20160516_095838

Cara kerjanya cukup sederhana, pengguna tinggal mendaftar, setelah itu langsung bisa memilih untuk mendownload apa saja yang ingin pengguna baca. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, semua nantinya akan dikirimkan ke email pengguna.

 

Wayang Force

Wayang Force adalah platform untuk mendistribusikan dan membaca konten digital seperti buku, majalah, koran, dan komik. Ada beragam konten, mulai dari bacaan anak-anak, fashion, kesehatan, hingga musik dan hiburan.

_20160516_101920

Platformnya dibagi menjadi empat subsistem, yang terdiri dari: Platform Penerbitan, Wayang Server, Mobile Application untuk iPad serta iPhone, dan Aplikasi Mobile untuk Android, semua teknologi di Wayang Force telah dikembangkan oleh PhaseDev, sebuah startup lokal.

 

 

 


May 17, 2016 @ 3:08 PM

WRITTEN BY admin